Wednesday 27 February 2013

TEKNIK DAN BUDIDAYA ANGGREK : PERSYARATAN DAN PENYEBARAN BIBIT





Untuk mencapai keberhasilan dan kematangan dalam teknik dan cara budidaya anggrek adalah ketinggian Tempat. Ketinggian tempat yang cocok bagi budidaya tanaman ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu: 

Anggrek panas (ketinggian 0-650 m dpl) 

Anggrek panas memerlukan suhu udara 26-30 derajat C pada siang hari, 21 derajat C pada malam hari, dengan daerah ketinggian 0-650 meter dpl. 

Contoh jenis anggrek ini adalah: 

  • Dendrobium phalaenopsis
  • Onchidium Papillo 
  • Phaphilopedillum Bellatum 
Anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl) 

Anggrek sedang pada suhu udara siang hari 21 derajat C dan 15-21 derajat C, pada malam hari, dengan ketinggian 150-1500 m dpl. 

Anggrek dingin (lebih dari 1500 m dpl) 

Anggrek dingin jarang tumbuh di Indonesia, tumbuh baik pada suhu udara 15-21 derajat C di siang hari dan 9-15 derajat C pada malam hari, dengan ketinggian ≥ 1500 m dpl. 

Contoh: anggrek jenis Cymbidium. 


Teknik dan Cara Budidaya Anggrek terkait langsung dengan kualifikasi dan kualitas bibit yang digunakan 

Persyaratan Bibit : 

Bibit anggrek yang baik, sehat dan unggul mempunyai beberapa ciri, yaitu: bentuk batang kuat, pertumbuhan pesat, daun subur, bunga lebat dan indah. 

Penyebaran Biji : 

Bibit anggrek berasal dari biji yang disemaikan. Adapun penyebaran biji anggrek sebagai berikut: 

1. Peralatan yang digunakan untuk penyebaran biji harus bersih. 

2. Mensterilkan biji 

Sebelum biji disebar harus disterilkan dulu dengan 10 gram kaporit dilarutkan dalam 100 cc air kemudian saring kertas filter, dimasukkan ke dalam botol. Biji dimasukan dalam botol dan digojog 10 menit. (biji anggrek yang semula kuning kecoklatan berubah warna menjadi kehijauan). Kemudian air dibuang dan diganti dengan aquades, digojog berulang kali (2-3 kali). 

Di dalam Teknik dan Cara Budidaya Anggrek perlu di perhatikan proses Penyebaran biji anggrek : 


Botol-botol yang telah disterilkan dapat digunakan untuk menyebaran biji anggrek. Sebelum botol dibuka, leher botol dipanaskan di atas lampu spritus untuk menghilangkan kuman. Untuk memasukan biji anggrek ke dalam botol digunakan pipet yang dibersihkan dulu dengan cara pemanasan di atas lampu spritus sampai merah kemudian dicelup kedalam spritus. Botol yang telah terbuka kemudian diisi biji anggrek dan diratakan keseluruh permukaan alas makanan yang telah disediakan. Sebelum botol ditutup kita panaskan lagi di atas spritus kemudian ditutup kembali. 

Teknik Penyemaian Benih sangat di perlukan untuk menambah keahlian dalam Teknik dan Cara Budidaya Anggrek :

· Memeriksaan dengan mikroskop, baik atau tidaknya biji anggrek, yang kosong berwarna putih dan yang isi kuning coklat/warna lain. 

· Mempersiapkan botol yang bermulut lebar bersih dan tidak berwarna agar dapat meneruskan cahaya matahari yang dibutuhkan dan mudah dilihat. 

· Tutup botol dari kapas digulung-gulung sampai keras, ujung diikat tali untuk memudahkan dicopot kembali, atau kain sisa yang dipotong potong. Kerapatan tutup botol menjaga agar bakteri/jamur tidak masuk sehingga tidak terinfeksi atau terkontaminasi. 

· Mempersiapkan lemari kaca (ent-kas) yang bersih dari bakteri/jamur dengan kain yang sudah dicelup formalin udara dalam lemari disterilkan dengan kapas dipiring dituangi formalin supaya menguap mensterilkan kaca (ent-kas). 

· Pembuatan sterilsasi alas makanan dan untuk membuat alas makanan anggrek biasanya dipakai resep Khudson C (NORTHEN) 12 yaitu: 

o Ca(NO3)2H2O : 1,00 gram 

o KH2PO4 : 0,25 gram 

o MgSO47H2O : 0,25 gram 

o (NH4)2SO4 : 0,25 gram 

o Saccharose : 20 gram 

o FeSO4 4H2O : 0,25 gram 

o MnSO4 : 0,0075 gram
o    Agar-agar : 15-17,5 gram
o    Aquadest : 1000 cc

o    Pembuatan alas makanan diperlukan pH 5,2, dipergunakan pH meter/kertas pHekstil/Indikator Paper.
o   Sterilisasi dengan cara dipanaskan dalam Autoclaf yang sampai 110 derajat C selama setengah jam atau dengan dandang kemudian diletakan pada tempat bersih, dengan posisi miring, sehingga makanan setinggi 1/2-2/3 tinggi botol(dari alas sampai ke leher botol) dan didiamkan selama 5-7 jam untuk mengetahui sterilisasi yang sempurna.

No comments:

Post a Comment