Friday 7 June 2013

YANG HARUS DIKETAUHI SEPUTAR KEBUTUHAN GIZI PADA ANAK

Anak-anak memiliki kecenderungan tidak benar-benar memperhatikan asupan makanan sehat yang memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu perlu bagi orang tua untuk mengurus kebutuhan gizi anak. Sangat penting untuk memiliki pengetahuan yang lengkap tentang kebutuhan gizi anak, karena ketidaktahuan  Anda dapat memberikan efek/menjadi berbahaya bagi kesehatan anak Anda.

Dibawah ini beberapa pola pemberian makanan yang dapat Anda terapkan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak Anda:

Sarapan idealnya seharusnya menjadi paokan ukuran, seperti, harus mengandung makanan yang kaya gizi, mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya. Termasuk  sereal gandum atau oatmeal instan dengan kismis hanya cocok untuk tujuan sarapan.

Makanan sehari-hari Anda harus terdiri dari sekitar dua porsi makanan tinggi kandungan protein. Persyaratan gizi seorang anak berusia empat sampai enam tahun adalah sekitar 24 gram protein per hari dan 28 gram protein yang diperlukan oleh anak pada usia tujuh sampai sepuluh tahun

Untuk anak Anda sediakan sekitar 3-4 porsi makanan kaya kalsium. Anak-anak dalam kelompok usia empat sampai delapan tahun membutuhkan 800mg kalsium. Anak-anak dengan rentang usia sembilan hingga tiga belas tahun membutuhkan kalsium sebanyak1.300 mg.

Sinar matahari bertindak sebagai sumber vitamin D, sehingga sarankan anak-anak Anda untuk pergi keluar untuk bermain. Anak-anak memerlukan 5 mcg vitamin D per hari.

Untuk asupan zat besi, Anda dapat menawarkan daging anak Anda tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian kering. Anak-anak memerlukan 10 mg zat besi setiap hari.

Vitamin A membantu dalam meningkatkan pengelihatan. Hijau sayuran merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin A. Anak-anak dalam kelompok usia 4-6 tahun, perlu 500mcg vitamin A, sedangkan anak-anak dalam kelompok usia tujuh sampai sepuluh tahun, memerlukan 700mcg vitamin A per hari.

Anak-anak perlu 45mg vitamin C per hari. Sumber vitamin C termasuk blueberry, jeruk, kiwi, melon dan stroberi.

No comments:

Post a Comment