Tuesday 5 March 2013

PEMANFAATAN SERTA LINGKUNGAN HIDUP CACING TANAH



Setelah sebelumnya sepintas lalu kita membahas mengenai Cancing Tanah, berikut akan kita bahas lebih dalam lagi mengenai pemanfaatan serta kehidupan cacing tanah. Meskipun bagi sebagian orang terkesa menjijikan namun ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari cacing tanah tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut uraiannya : 

PEMANFAATAN CACING TANAH 

· Dalam bidang pertanian, cacing menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik. Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman. Bahan Pakan Ternak 

· Berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodokBahan pembuatan Obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit. 

· Secara tradisional cacing tanah dipercaya dapat meredakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus. 

· Bahan Baku Kosmetik. Cacing dapat diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik. 

Nah sudah jelaskan bayak manfaat penting yang dapat diambildaribinatang yang satu ini. Lebih lanjut lagi kita akan membahas mengenai bagaimana lingkungan dan syarat hidup si cacing tanah. 


PERSYARATAN LOKASI 

Khususnya dalam budidaya cacing tanah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi yang mendukung budidaya tersebut. Adapun faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut : 

· Tanah sebagai media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar. Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya. 

· Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi 

· Dalam budidaya cacing tanah, kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %. 

· Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15-25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal. 

· Supaya lebih mudah penanganan dan pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung ada baiknya apabila lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan, misalnya di bawah pohon rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yang atapnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan tidak menyimpan panas. 



Memiliki manfaat yang baik serta dapat dikembangkan dengan persyaratan lingkungan yang tidak terlalu rumit,menyebabkan si cacing tanah ini dilirik banyak orang untuk dibudidayakan. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment