Tuesday 5 March 2013

SEKILAS MENGENAI CACING TANAH



Cacing tanah, binatang yang satu ini mungkin cukup menggelikan dan membuat jijik bagi sebagian orang. Dengan bentuk tubuh gilik ataupun pipih tanpa memiliki tulang belakang (tergolong dalam invertebrata) ini, cacing tanah ternyata memiliki banyak kegunaan.Diantaranya sebagai bahan baku obat. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa cairan selom pada cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein. Protein yang dimiliki oleh cacing tanah memiliki mekanisme antimikroba yang berbeda dengan mekanisme antibiotik. mekanisme yang dilakukan oleh protein yang dimiliki oleh cacing tanah adalah dengan membuat pori di dinding sel bakteri, dengan cara ini, bakteri menjadi lebih susah untuk menjadi resisten. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari cacing tanah ini serta belum banyaknya pemain maka budidaya cacing tanah dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. 


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai budidaya cacing tanah, ada baiknya kita lebih mengenal mengenai cacing tanah terlebih dahulu. Cacing tanah termasuk kelas Oligochaeta. Cacing tanah yang umum dikembangkan adalah Pheretima, Periony dan Lumbricus. Ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan. 

Berikut sekilas akan kita bahas mengenai ketiga jenis cacing tanah tersebut: 

Cacing tanah jenis Lumbricus 
Bentuk tubuhnya pipih dengan jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain. Jenis ini lebih unggul dari dua jenis lainnya dikarenakan produktivitasnya tinggi (penambahan berat badan, produksi telur/anakan dan produksi bekas cacing “kascing”) serta tidak banyak bergerak 

Cacing tanah jenis Pheretima 
Cacing dengan bentuk tubuh gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan. Segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung. 

Cacing tanah jenis Perionyx 
Memiliki bentuk gilik berwarna ungu tua sampai merah kecokelatan dengan jumlah segmen 75-165 dan klitelumnya terletak pada segmen 13 dan 17. Cacing ini biasanya agak manja sehingga dalam pemeliharaannya diperlukan perhatian yang lebih serius.

No comments:

Post a Comment