Wednesday 8 May 2013

BERAPA BANYAK KEBUTUHAN PROTEIN HARIAN ANDA?


Protein adalah salah satu komponen paling penting dari setiap sel yang hadir dalam tubuh. Protein kompleks, merupakan senyawa organik dengan berat molekul tinggi, memiliki kandungan asam amino yang tak tertandingi. Ada sejumlah manfaat yang terkait dengan protein. Mulai dari meningkatkan komposisi tubuh dan membangun otot hingga memperbaiki jaringan dan mencegah keropos tulang, manfaat protein tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Selain itu, banyak dari struktur tubuh kita, seperti otot, tulang rawan, ligamen kulit, dan rambut, dibangun dari molekul protein. Kita semua tahu bahwa diet protein tinggi sangat penting bagi seorang individu, tapi pertanyaannya adalah – berapa kebutuhan / banyak jumlah protein yang dianggap cukup?
Masih dalam perdebatan, para ahli telah mempelajari untuk menentukan dengan tepat berapa banyak protein yang tubuh kita butuhkan. Banyak organisasi kesehatan telah melakukan penelitian reguler, berapa jumlah yang harus direkomendasikan untuk menjadi asupan protein harian. Persyaratan yang disarankan bervariasi dari orang ke orang. Misalnya, kebutuhan protein untuk orang dewasa adalah berbeda dari anak-anak tumbuh muda. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, saat memutuskan asupan protein harian yang direkomendasikan, seperti aktivitas seksual, kondisi fisik, usia, dan tingkat aktivitas.
Kebutuhan protein manusia sehari-hari dihitung berdasarkan ‘berat badan ideal’. Berat badan ideal dihitung berdasarkan tinggi dan jenis kelamin. Kebutuhan protein harian dihitung dalam satuan gram per hari untuk setiap kilogram berat badan Anda. Untuk orang yang terbiasa untuk duduk atau melakukan aktivitas ataupun kegiatan olahraga yang tidak terlalu banyak, asupan protein harian yang direkomendasikan adalah 0.75 gr per kg berat badan. Orang yang tingkat aktivitas fisik yang cukup baik dan yang melakukan latihan selama sekitar satu jam atau lebih, bagi mereka asupan protein yang ideal adalah sekitar 1.0-1.2 gr protein per kg berat badan.
Dalam kasus seorang olahragawan / atlet, kebutuhan protein yang dianjurkan berbeda. Terlepas dari kebutuhan yang lebih besar untuk tubuh yang kurus dan untuk perbaikan jaringan, para olahragawan membakar sejumlah kecil protein, pada saat melakukan aktivitas fisik. Dengan demikian, atlet memiliki kebutuhan protein yang lebih tinggi. Bagi mereka yang terlibat dalam pelatihan daya tahan, asupan protein harus sekitar 1,2-1.4 gr protein per kg berat badan, sedangkan untuk atlet, yang terlibat dalam pelatihan kekuatan, kebutuhan protein harian yang direkomendasikan adalah sekitar 1.6-1.7g protein per kg berat badan.
Dari uraian di atas tentunya dapat disimpulkan, tubuh Anda tergolong pada jenis yang mana dan berapa besar kebutuhan protein harian. Sudah cukupkah asupan protein harian Anda?

No comments:

Post a Comment