Friday 10 May 2013

CARA AKURAT MENGUKUR SUHU TUBUH BAYI


Ada kalanya ketika bayi sakit, kita diharuskan melakukan pengukuran suhu badan bayi. Mengukur temperatur pada bayi tidaklah semudah mengambil suhu dewasa. Pada Bayi mungkin agak sulit melakukan pengukuran suhu dengan memasukkan termometer ke mulut mereka, dan bahkan jika dipaksakan pengukuran lewat mulut, akan sulit untuk meletakkan termometer di bawah lidah bayi selama dua menit, sebab bayi tidak memiliki kontrol otot penuh untuk melakukannya! Mereka akan mencoba untuk mengunyah termometer menggunakan rahang dan gigi yang baru tumbuh dan bahkan dapat menyebabkan termometer tidak berfungsi, dan ini dinilai kurang aman bagi bayi. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk melakukan pengukuran suhu badan pada bayi, berikut akan kita bahas lebih lanjut.

Berikut adalah tips untuk mengukur suhu bayi dengan benar :

• Sebuah termometer oral dapat digunakan pada anak yang berusia 4 tahun lebih. Karena termometer dapat dengan mudah diletakkan di bawah lidah sesuai dengan cara pemakaiannya.
• Untuk mengambil suhu rektal, gunakan termometer rektal digital dan mengoleskan petroleum jelly di atasnya. Masukkan satu inci ke dalam anus dan tunggu selama sekitar satu menit atau sampai termometer berbunyi ‘bip’. Ambil termometer dan baca angka yang tertera.
• Pengukuran suhu pada dahi adalah salah satu termudah untuk digunakan pada anak-anak, tetapi metode ini hasilnya kurang akurat. Metode ini mereka baik diterapkan untuk anak-anak yang berusia satu tahun atau lebih.
• Cara terbaik untuk mengukur suhu adalah melalui dubur bayi. Suhu rektum merupakan suhu tubuh yang paling mencerminkan suhu tubuh , lebih akurat apabila dibandingkan dengan pengukuran suhu melalui oral yang bisa dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang baru masuk ke mulut bayi.
• Suhu ketiak merupakan suhu tubuh eksternal, yang mungkin lebih rendah dari suhu internal dan hasil yang diperoleh mengarah pada asumsi dan diagnosa yang salah / kurang tepat.
• Sementara beberapa orang mungkin lebih suka mengambil suhu melalui telinga, hal ini cukup resiko disebabkan aplikasi yag kurang tepat atau bersih dapat menyebabkan infeksi pada telinga bayi.
Ada beberapa metode/cara yang sudah dijelaskan di atas, penerapannya tergantung pada pilihan anda !

No comments:

Post a Comment