Saturday 11 May 2013

TIPS MENATA RUANG TAMU KECIL YANG NYAMAN


Seringkali kita tidak pernah merasa cukup tetapi menata/mendekor ruang tamu kecil merupakan sebuah tantangan. Ide pertama untuk dekorasi ruang tamu kecil yang Anda perlu perhatikan yaitu mengimplementasikan cat dinding dan langit-langit ruangan denga pilihan warna ‘dingin’ seperti nuansa biru dan hijau. Dengan menerapkan cat langit-langit dengan warna yang lebih ringan dari warna dinding membuat ruangan terlihat lebih luas. Pilihlah satu warna kesukaan keluarga Anda untuk membuat ruangan lebih menarik kombinasikan dengan cat dengan matte ataupun glossy untuk warna yang sama. Dinding ruangan di cat matte sementara Anda dapat menggunakan cat glossy dengan warna yang sama untuk jendela dan trim pintu dan untuk cetakan di dinding.

Penempatan kain Gorden dari bahan yang halus dan ditempatkan memanjang dari plafond ruangan hingga lantai memberikan kesan ruangan semakin tinggi, serta menambah keanggunan dan ruangan lebih terlihat formal. Penempatan obyek yang besar adalah sebuah tren modern di ruang tamu kecil dan hal tersebut membuat ruangan tampak lebih besar juga. Anda dapat menggunakan sekat besar, bingkai gambar atau pola untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.Sekat membantu Anda untuk membuat sudut pribadi atau ruang tamu terpisah dan sangat disukai di apartemen di mana tidak ada ruangan yang cukup untuk setiap anggota keluarga. Sebuah ide sederhana dapat membuat perbedaan besar untuk tampilan ruang tamu Anda.

Ruang tamu dengan ukuran kecil hampir memiliki masalah yang sama dimana banyak fungsi diharapkan untuk melakukan sejumlah aktivitas serta sejumlah fasilitas yang dapat diakomodir dalam ruangan tersebut. Secara tradisional, ruang keluarga memiliki sejumlah furnitur berukuran besar dan aksen besar seperti sepuluh bagian sofa, kursi besar dan bahkan TV layar lebar. Namun, semua ini tidak praktis untuk digunakan dalam ruang tamu apartemen dengan ukuran kecil dan kita harus trik besar untuk ukuranruangan yang kecil untuk penggunaan terbaik dan mengoptimalkan pemanfaatannya. Pilih tema dekorasi berdasarkan warna favorit Anda, pola seperti Oriental atau Prancis dan gaya seperti pedesaan, formal, Victoria atau kontemporer dapat menjadi pilihan Anda.
Anda dapat memilih dekorasi ruang tamu non-tradisional dan tidak biasa dan memasukkan individualitas Anda di dalamnya, tetapi sebaik lebih berhati-hati dan diterapkan secara halus serta tidak berlebihan.. Carilah furnitur skala kecil yang dapat dengan mudah ditemukan hari ini. Anda dapat memilih satu item furnitur besar seperti sofa untuk menjadi focal point ruang tamu kecil Anda. Jika Anda ingin memiliki sofa tapi ingin menggeser titik fokus Anda, triknya adalah dengan menambahkan potongan-potongan aksen berwarna-warni atau yang tidak biasa untuk mengalihkan perhatian.

Terlalu banyak benda-benda kecil juga dapat menyebabkan kekacauan, jadi pilihlah hanya apa yang mutlak diperlukan. Jika ruang tamu Anda memiliki cukup ruang, pilihlah barang dengan jumlah yang lebih sedikit dengan ukuran besar dibanding lebih banyak barang kecil seperti empat kursi harus diganti dengan tiga loveseats dan lebih baik lagi oleh dua sofa besar. Demi efisiensi, Anda mungkin menggunakan skala yang berbeda dari furnitur juga. Sebuah lemari tinggi, jam besar atau lampu tinggi di sebuah ruang tamu kecil di mana semua perabot lainnya berukuran kecil dan pendek, akan memberikan kesan menambah tinggi ruangan dan membuat ruangan terlihat menarik. Gunakan kombinasi cermin dan lampu untuk memberikan kesan terbuka/luas pada ruang. Satu cermin besar dengan pencahayaan atau cermin kecil strategis diposisikan beberapa di dinding dapat membuat tampilan yang unik untuk ruang tamu Anda.

2 comments:

  1. terima kasih gan atas sharenya, sangat membantu dan bermanfaat. salam kenal ya.

    ReplyDelete