Saturday 11 May 2013

SUMBER KALSIUM TERBAIK


Kalsium adalah komponen utama dari tulang dan gigi. Kalsium penting untuk pertumbuhan pada anak-anak, dan membantu untuk memastikan kontraksi otot yang efisien dan pembekuan darah. Kalsium juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Tubuh kita menggunakan kalsium untuk membantu hati kita, otot dan saraf bekerja dengan baik. Tubuh kita tidak dapat membuat kalsium sendiri, kita harus mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi. Ketika kita makan makanan kaya kalsium, maka kalsium tersebut memasuki darah dan dibawa ke organ untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan. Kelebihan Kalsium yang kita makan disimpan dalam tulang kita & bila ada kekurangan kalsium dari makanan yang kita konsumsi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut.

Susu dan produk susu adalah salah satu sumber utama kalsium. Susu adalah salah satu penyedia terbaik kalsium dalam makanan. Segelas susu yakni 200 ml menyediakan 55 persen kalsium untuk anak enam tahun. Keju dan yogurt juga merupakan sumber kalsium yang baik, dan produk susu yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian. Orang-orang di kelompok usia 19-50 direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium per hari, sedangkan untuk orang-orang di 50-an, itu harus kira-kira sekitar 1200 mg per hari.

Selain susu dan produk olahan susu, ada beberapa jenis makanan lain non-susu yang merupakan sumber kalsium yang dapat Anda jadikan alternatif pilihan untuk memastikan asupan kalsium harian Anda. Tulang-tulang ikan lunak, seperti sarden salmon kalengan, memberikan kita sejumlah kalsium. Sumber makanan lainnya termasuk produk kacang kedelai, seperti tahu, serta biji wijen, kacang-kacangan, white bread, buah kering, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. Okra dan kubis/daun kol keriting juga merupakan sumber sayuran yang kaya akan kalsium. Alternatif lainya adalah susu kedelai, air kemasan, sereal dan jus jeruk yang diperkaya dengan kalsium tambahan.

Berikut disajikan bagan yang menunjukkan sumber kalsium yang baik :

JENIS MAKANAN


Yogurt, polos, rendah lemak
Susu skim
Bayam, beku, rebus
Yogurt, susu polos, utuh
Keju makanan, dipasteurisasi
Keju cottage, 1% lemak susu Kacang panggang, kaleng
Jeruk
Trail mix (kacang-kacangan, biji-bijian , chocolate chips)
Kacang panggang, kaleng
Almond
Hitam mata kacang polong, rebus
Kacang hijau, rebus
JUMLAH

8 oz
1 gelas
1 cangkir
8 oz
1 ons
1 cangkir
1 cangkir
1 cangkir
1 cangkir
1 oz (24) kacang
1 cangkir
1 cangkir
KALSIUM (DALAM MG)
415
306
291
275
162
138
154
72
159
70
211
94

No comments:

Post a Comment