Wednesday 8 May 2013

INFO PENTING SEPUTAR VITAMIN B1/THIAMIN


Vitamin merupakan bahan yang diperlukan dalam jumlah kecil bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang relatif kecil, namun demikian jika kekurangan unsur tersebut dalam tubuh dapat mengakibatkan “kekacauan “ dalam fungsi dan sistem dalam tubuhmanusia Vitamin B1, yang juga dikenal dengan nama thiamin (juga dieja sebagai tiamin) dan hidroklorida aneurine, adalah salah satu vitamin yang larut dalam air. Ditemukan pada tahun 1910, oleh Umetaro Suzuki di Jepang, itu adalah salah satu senyawa organik pertama untuk diakui sebagai vitamin. Namun, sekarang namanya yaitu tiamin diberikan oleh Robert R. Williams, yang juga melaporkan komposisi kimianya dan sintesis. Thiamin terjadi dalam tubuh manusia sebagai thiamin bebas dan sebagai bentuk berbagai terfosforilasi. Marilah kita cari tahu lebih banyak tentang manfaat, sumber, fungsi dan kekurangan Vitamin B1.

MANFAAT VITAMIN B1

Setiap jenis vitamin memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan tiap-tiap jenis vitamin memiliki fungsi dan manfaat yang khusus. Dengan mengetahui secara pasti manfaat serta kegunaan Vitamin B1 dapat membantu seseorang mendeteksi secara dini permasalahan yang terjadi dalam tubuhnya. Berdasarkan penelitian manfaat dari vitamin b1 antara lain :

Ÿ Vitamin B1 membantu sirkulasi darah dan juga membantu dalam pembentukan darah.
Ÿ Mengonsumsi vitamin B1, dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik dalam situasi stres.
Ÿ Berdasarkan penelitian telah ditemukan vitamin B1 sangat berguna dalam kaitannya dengan memori dan konsentrasi seseorang.
Ÿ Vitamin B1 diyakini sangat membantu dalam mengobati gangguan saraf seperti multiple sclerosis, cerebral Bell dan neuritis.
Ÿ Manfat lain Vitamin B1 adalah membantu kerja enzim yang berfungsi memecah karbohidrat untuk menyediakan energi bagi tubuh.
Ÿ Fungsi lain vitamin B1 adalah sebagai anti-oksidan dan membantu melindungi tubuh dari efek penuaan akibat mengonsumsi merokok dan alkohol
Ÿ Penelitian telah menemukan indikasi bahwa vitamin B1 dapat membantu mengobati radang sendi, katarak dan infertilitas.
Ÿ Vitamin B1 membantu produksi asam klorida dalam tubuh, yang berfungsi membantu sistem pencernaan.
Ÿ  Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin B1 dapat membantu mencegah serta memperlambat penyakit Alzheimer.

REKOMENDASI ASUPAN HARIAN
Setiap tingkatan umur memiliki kebutuhan vitaminB1 dengan takaran yang berbeda-beda, lalu berapakah jumlah yang tepat bagi Anda, simak tabel berikut ini :

Kelompok UmurLaki-laki (mg / hari)Perempuan (mg / hari)
0-6 bulan0,2 (AI)0,2 (AI)
7-12 bulan0,3 (AI)0,3 (AI)
1-3 tahun0.50.5
4-8 tahun0.60.6
9-13 tahun0.90.9
14-18 tahun1.21.0
19 tahun dan di atas1.21.1

RAGAM MAKANAN SUMBER VITAMIN B1
Almond , Asparagus, Kacang Brazil, Beras, Blewah, Kembang kol, Susu sapi, ham, Telur, Sereal, Kacang tanah, Kacang merah, Lentil, Hati (daging sapi atau babi), Susu, Oatmeal, Jeruk, Pecan, Babi, Kentang, hati Domba, Bayam, gandum, roti/white bread, Nasi putih, Tepung gandum utuh (gandum atau gandum), Roti gandum utuh, Gandum sereal, Ragi.

FUNGSI VITAMIN B1
Adapun fungsi vitamin B1 nagi tubuh manusia adalah :

§ Membantu memelihara sistem saraf yang sehat
§ Diperlukan untuk selaput lendir yang sehat
§ Membantu mengubah glukosa menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktifitas
§ Merangsang tindakan dalam otak
§ Meningkatkan pertumbuhan secara umum
§ Membantu mencerna karbohidrat
§ Membantu mempertahankan jumlah darah normal merah

KEKURANGAN Vitamin B1
Gejala berikut akan terlihat dalam kasus kekurangan Vitamin B1 :

§ Anorexia nervosa
§ Beri-beri (defisiensi berlebihan)
§ Sembelit
§ Depresi
§ Kelelahan
§ Kelumpuhan Kak
§ Kelemahan secara umum
§ Tangan kelumpuhan
§ Sakit kepala
§ Masalah jantung
§ Gangguan pencernaan
§ Lekas ??marah
§ Kelesuan
§ Limb sakit
§ Kehilangan nafsu makan
§ Otot sakit
§ Mual & muntah
§ mati rasa di kaki
§ Bengkak sendi
§ Otot keras
§ Kelelahan

Dengan mengetahui manfaat, sumber makanan serta berbagai gejala yag ditimbulkan dari kekuranga vitamin B1 ini, diharapkan kita lebih cermat dalam mengatur asupan makanan yang seimbang. Karena kesehatan adalah hal yang utama.

No comments:

Post a Comment