Sunday 12 May 2013

BISNIS DALAM INDUSTRI KARET



  A.    Proses Pengolahan Bahan Baku Lateks
Tanaman karet (Hevea brasiliensis) sebagai bagian dari sub sektor perkebunan merupakan salah satu budidaya yang strategis dan cukup berperan dalam menunjang perekonomian nasional.  Luas areal tanaman karet di Indonesia diprakirakan 3,1 juta ha yaitu terdiri dari perkebunan rakyat 2,6 juta ha dan perkebunan besar 0,5 juta ha dengan total produksi sekitar 1,3 juta ton/tahun.
Indonesia merupakan produsen karet alam utama nomor dua di dunia setelah Thailan dengan jumlah ekspor rata-rata 24 dari total produksi karet alam dunia setiap tahun.
Produksi karet alam Indonesia sekitar 92 adalah di ekspor ke berbagai negara konsumen di dunia dengan jenis mutu: Lateks Pekat, SJR (SIR-CCV, SIR-3L, SIR-3VVF, SIR-5, SIR-10 dan SIR-20), RSS (RSS-1, RSS-2, RSS-3, dan RSS-4), ADS, Crepe (Pale Crepe-1 dan Brown Crepe 1x) dan BSR (Block Skim Rubber). Nilai ekspor karet alam Indonesia sekitar 1,2 milyar dolar US setiap tahun.
B.  Proses Pengolahan  
Proses pengotahan bahan baku karet lateks fleksibilitasnya cukup besar
karena dapat diolah menjadi beberapa jenis karet ekspor bermutu tinggi yaitu:
1.  Pengolahan Lateks Pekat (CENTRIFUGED LATEX)
Lateks pekat adalah lateks yang mengandung kadar karet kering (DRC) minimum (60) dalam keadaan cair dan mantap. Proses pemekatan lateks kebun (DRC : 25-35) menjadj lateks pekat (DRC minimum 60) dapat dilakukan dengan cara pemusingan (centrifuging), pendadihan (creaming) atau penguapan (evaporated).
2.   Pengolahan "RIBBED SMOKED SHEET(RSS)" DAN "AIR DRIED SHEET (ADS)"
Proses pengolahan RSS dan ADS adalah hampir sama yaitu menggunakan bahan olah lateks kebun
Perbedaan proses pengolahan RSS dan ADS hanya pada proses pengeringan, dimana RSS dikeringkan dengan cara pengasapan, sedangkan ADS dikeringkan dengan udara panas menggunakan alat pengering mekanis.
3.  PENGOLAHAN SIR-3CV, 3L, 3WF
Tahapan proses pengolahan S1R-3CV, SIR-3L dan SIR3VVF adalah hampir sama. Perbedaan proses pengolahan ketiga jenis Mutu SIR ini hanya terletak pada jenis bahan kimia yang dibubuhkan pada bahan olah lateks kebun sebelum proses penggumpalan.

No comments:

Post a Comment