Friday 10 May 2013

LANGKAH MUDAH UNTUK HIDUP LEBIH BAHAGIA


Hal apa yang paling diinginkan dalam kehidupan bagi setiap orang? Jawabannya adalah kehidupan yang lebih baik dan bahagia. Meskipun definisi kebahagiaan bagi setipa indivisu adalah berbeda-beda, namun ada hal-hal yang mendasar yang bisa mengantarkan seseorang mencapai kebahagiaan hidup. Mau tau apa saja kiatnya? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjadikan hidup Anda lebih bahagia :

BERGAUL DAN BERADA DALAM LINGKUNGAN ORANG-ORANG YANG BAHAGIA

Cara yang sangat simpel yakni, hanya berada di dekat orang berpikiran positif sudah cukup untuk membuat Anda tersenyum. Ada yang menyebutkan bahwa kebahagiaan itu bisa menular. Orang-orang yang bahagia cenderung memberikan kebaikan untuk orang-orang di sekitarnya, yang menjadikan mereka orang-orang yang menyenangkan. Menangkap getaran senyuman saat berkumpul secara teratur dengan teman-teman Anda yang ceria, akan mendorong Anda untuk ceria dan bahagia juga. Mudah bukan!

MELIHAT KEMBALI KEBERHASILAN YANG TELAH ANDA RAIH

Dengan memajang foto-foto yang menggambarkan momen kemenangan Anda di tempat Anda mudah melihatnya, seperti pintu kulkas atau meja kerja akan mendorong Anda memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat. Berdasarkan sebuah penelitian, suatu gambaran keberhasilan Anda akan meningkatkan mood Anda dan memicu pemikiran berorientasi tujuan

MENGHILANGKAN PERASAAN NEGATIF

Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan jurnal Obesity menemukan bahwa pasien yang depresi pada program penurunan berat badan tidak hanya berhasil menghilangkan sekira 8 persen berat badan mereka, tetapi juga melaporkan peningkatan mood-nya secara signifikan. Perubahan psikologis mungkin terkait peningkatan harga diri dan kepercayaan diri peserta.

PERBANYAK TERTAWA

Cara yang paling mudah Anda lakukan kapan saja dan di mana saja adalah dengan tertawa. Sebuah studi menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan tekanan darah, hormon stres menurun, dan endorphin meningkat.
Terlebih lagi, tampaknya tidak ada perbedaan antara tawa nyata dan dipaksa. "Saya memberitahu klien untuk tertawa ketika mereka sedang terjebak di kemacetan. Itu benar-benar akan membuat Anda merasa lebih baik," kata Ronel Corbin dari ESPA International.

SEDEKAH ATAU BERBAGI DENGAN SESAMA

Dengan bersedekah atau berbagi dengan sesama, kita akan memperoleh kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan yang muncul dari rasa percaya diri bahwa kita busa melakukan sesuatu untuk membantu sesama. Kebahagiaan untuk melihat orang terlepas dari permasalahan mereka meski sekecil apapun bantuan yang kita berikan.

MEMATIKAN TELEVISI

Setelah menganalisis data selama 34 tahun, peneliti Universitas Maryland melaporkan bahwa orang-orang yang menilai dirinya "agak bahagia" menyaksikan tayangan televisi 10 persen lebih lama daripada mereka yang menilai dirinya "sangat bahagia".
Teorinya menyatakan, terpaku di depan layar televisi menghibur Anda, tapi tidak terlalu memuaskan dalam jangka panjang. Lebih buruk lagi jika televisi mengurangi kegiatan yang lebih bisa memenuhi kebutuhan emosional diri, seperti kelas yoga dan piknik bersama keluarga.

No comments:

Post a Comment