Saturday 11 May 2013

TIPS BERENANG BAGI PEMULA


Renang adalah salah satu kegiatan terbaik untuk menjaga tingkat kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan serta merupakan salah satu cara bersantai bagi pikiran Anda. Berenang merupakan jenis olahraga yang menyenangkan, lebih dari hanya latihan tubuh, dan ini merupakan alasan mengapa jenis olahraga berenang sangat populer dan bisa diikuti oleh hampir semua kelompok umur. Namun, untuk menjadi ahli dalam jenis olahraga ini, Anda perlu banyak belajar di antaranya dalam sesi latihan berenang untuk pemula. Jika Anda mengawali latihan dengan salah, Anda tidak bisa mengharapkan prestasi serta efektivitas dan manfaat di kemudian hari. Dengan kata lain, sangat diperlukan untuk memperhatikan pelajaran renang untuk pemula dan memastikan bahwa teknik berenang yang dipelajari benar. Tips latihan renang berikut ini juga akan berguna untuk pemula, jadi silahkan simak lebih lanjut !

TIPS BERENANG UNTUK PEMULA

  • Pada awalnya, Anda tidak harus mencoba untuk berusaha secara berlebihan, dalam hal durasi sesi renang Anda serta langkahnya. Dianjurkan untuk menjaga kecepatan dalam tempo lambat serta nyaman untuk memulai. Jangan berenang selama lebih dari 15-20 menit dalam tahap awal.
  • Sebagai pemula, berenang tiga atau empat kali per minggu, dalam waktu 15-20 menit untuk peregangan, akan memberikan hasil terbaik.
  • Sepanjang sesi renang Anda, disarankan untuk menjaga serta memantau secara konstan detak jantung Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak berlebihan dalam melakukan latihan dan berada di zona pelatihan yang tepat.
  • Jika Anda merasa letih dan kelelahan, beralih ke gaya renang dengan intensitas rendah, seperti gaya renang samping atau gaya dada. Anda bahkan bisa berenang beberapa putaran, menggunakan bantuan kickboards.
  • Untuk mengencangkan kaki, pinggul dan perut, Anda dapat melakukan beberapa tendangan kickboard. Di sisi lain, jika Anda ingin meningkatkan keterampilan pernapasan Anda, cara yang terbaik adalah melompat naik dan turun di dalam air.
  • Jika Anda mencari gaya berenang dengan intensitas tinggi, maka gaya bebas akan menjadi pilihan yang sempurna.
  • Setiap kali Anda melakukan gaya berenang, lakukanlah untuk meregangkan tubuh Anda dengan baik.
  • Praktekkan latihan pernapasan pada setiap sesi latihan berenang. Ini adalah cara bersantai yang bagus untuk tubuh Anda dan membuat berenang sebagai pengalaman yang menyenangkan.
  • Jika Anda ingin memastikan bahwa tingkat energi Anda tetap tinggi untuk durasi yang lebih lama, pastikan untuk tidak menendang terlalu keras dalam air.
  • Setiap kali Anda berenang, kepala tetap miring ke arah depan
  • Saat melakukan gaya berenang, panjangkan lengan Anda ke arah depan, sejauh mungkin. Sekarang, selanjutnya raih segenggam air dan tarik kembali.
  • Bergulir dengan gaya berenang masing-masing sangat diperlukan saat berenang. Misalnya, jika Anda telah memperpanjang lengan kanan Anda, pastikan untuk menjaga sisi kanan bawah dari satu kiri Anda

No comments:

Post a Comment