Saturday 11 May 2013

TIPS PRAKTIS UNTUK PERAWATAN RAMBUT KERING


Di Era modern seperti saat ini, manusia terutama di kota-kota besar banyak dibebani oleh tuntutan gaya hidup, polusi dan berbagai masalah yang berakibat stres yang salah satunya menimbulkan dampak merusak pada rambut kita. Pada umumnya kita mendapatkan waktu yang sangat kurang untuk mengurus rambut kita dengan benar, dan cenderung  penyalahgunaan rambut kita dengan mengekspos rambut dengan menggunakan berbagai produk untuk rambut yang keras serta kaya bahan kimia yang menyebabkan masalah seperti kekeringan, berakhir pada permasalahan rambut bercabang dan iritasi kulit kepala. Masalah-masalah seperti ini terkadang membuat kita frustrasi dan pada akhirnya mendorong seseorang untuk membeli lebih banyak produk yang menjanjikan dapat “menyelesaikan dan merawat” masalah rambut. Namun, produk ini bukan mengendalikan kerusakan, lebih lanjut menimbulkan berbagai masalah pada tekstur rambut kita. Pertanyaan yang kemudian muncul, adakah cara yang akan membantu kita dalam merawat rambut kita bahkan jika mungkin dengan biaya yang hemat? Rambut kering timbul sebagai akibat dari hilangnya kelembaban di kulit kepala dan dapat terjadi karena beberapa alasan. Ada banyak perawatan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Artikel ini berusaha menyediakan Anda beberapa tips yang berguna dan efisien untuk mengatasi rambut kering.

Perawatan Rambut Kering :

  • Rambut kering timbul akibat kurangnya jumlah kelembaban yang diperlukan oleh rambut dan kulit kepala. Dalam rangka untuk mengembalikan kelembaban, gunakan jenis sampo ringan dan kemudian pelihara lebih lanjut rambut Anda kondisioner yang baik. Biarkan kondisioner pada rambut Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.
  • Metode lain yang cukup sederhana untuk mengembalikan kelembaban yang hilang adalah dengan menggunakan 1 atau 2 tetes minyak zaitun atau minyak safflower pada rambut Anda. Anda hanya harus mengambil minyak cukup memadai untuk diterapkan ke ujung rambut sampai ke kulit kepala.
  • Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan peralatan atau bahan kimia secara berlebihan untuk rambut Anda. Pewarna dan krim yang Anda gunakan untuk rambut mungkin dapat menjadi salah satu penyebab kekeringan rambut. Jika Anda ingin sedikit mewarnai rambut Anda, highlight atau lowlights bisa menjadi pilihan, bukan mewarnai seluruh helaian rambut Anda.
  • Jika Anda memiliki rambut kering dan jika kondisinya semakin memburuk, batasi jadwal mencuci rambut Anda untuk sekali setiap tiga sampai empat hari. Gunakan kondisioner untuk menyuburkan rambut Anda.
  • Gunakan sikat bulu lembut, untuk menyikat rambut rambut Anda. Sikat rambut dengan lembut bulu ini akan membantu menyebarkan minyak alami rambut turun seluruh batang memberikan makanan yang cukup untuk rambut Anda.
  • Jika Anda menggunakan hair dryer, kurangi penggunaannya karena akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada rambut kering. Jika Anda harus menggunakan pengering, arahkan hairdryer ke arah pertumbuhan rambut sehingga Anda tidak mengganggu kutikula.
  • Anda juga dapat meminta penata rambut Anda untuk menawarkan beberapa pijat kulit kepala dan pengobatan. Kulit kepala akan melakukan keajaiban bagi Anda dan akan merangsang pertumbuhan rambut bersama dengan pengkondisian rambut.
  • Hindari penggunaan shampoo jenis transparan. Shampoo ini juga disebut sebagai shampo biasa yang mengandung efek pelembab sedikit atau sama sekali tidak mengandung pelembab. Pilih jenis shampoo yang khusus dibuat untuk rambut kering dan rusak yang akan memberikan pelembab yang cukup untuk rambut Anda.
  • Anda dapat menggunakan produk rambut kering yang berfungsi membuat rambut Anda bersinar sementara Anda melakukan perawatan untuk memperoleh tampilan rambut tampak mengkilap dan sehat. Anda dapat menggunakan gel kaca yang akan menambahkan lapisan di atas helai kering. Meskipun demikian disarankan untuk merawat rambut Anda sebelum menerapkan gel.
  • Pada kasus rambut Anda sangat kering, gunakan conditioner protein. Protein dalam kondisioner akan membantu merestrukturisasi rambut Anda dan akan membuat rambut menjadi kuat. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab untuk melembabkan rambut Anda.
  • Pergi untuk melakukan potong rambut merupakan langkah sederhana untuk menangani perpecahan dan ujung rambut kering. Mintalah penata rambut Anda untuk memotong setidaknya ½ inci untuk memastikan bahwa pertumbuhan rambut baru Anda tidak akan tumbuh dengan berakhir bercabang. Anda juga dapat memilih salah satu potongan rambut pendek jika rambut Anda kering.
  • Anda juga dapat menerapkan sedikit body lotion pada semua rambut Anda sambil menerapkan ke tubuh Anda. Anda juga dapat menggunakan mayones atau minyak zaitun untuk melembabkan dan mengkondisikan helai rambut Anda kering.
  • Pastikan bahwa Anda melangkah keluar di bawah sinar matahari hanya dengan topi ataupun penutup kepala lainnya. Sinar matahari langsung dapat mengeringkan rambut Anda dan juga menyebabkan pemutihan. Selain itu, topi lucu yang trendi akan mengubah penampilan Anda. Jika Anda berenang, pastikan untuk menggunakan topi renang untuk melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut.
Cukup mudah bukan, semua tips perawatan rambut kering ini dapat Anda lakukan sendiri mulai dari rumah. Selamat mencoba dan selamat tinggal rambut kering!

No comments:

Post a Comment