Friday 10 May 2013

CERDASKAN ANAK DENGAN IKAN


Saat kehamilan, adalah saat yang paling penting bagi perkembangan otak dan organ-organ penting lainnya. Omega 3, DHA, dan EPA sangat penting dan sangat diperlukan untuk perkembangan organ-organ penting tersebut. Selain itu juga membantu mencegah bayi dari kemungkinan lahir prematur.

Bagi ibu yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi asam lemak, omega-3, DHA dan EPA yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi, mata dan organ-organ penting lainnya. Tidak harus dengan obat mahal, yang natural malah bisa jadi yang memberikan hasil maksimal.

Unsur-unsur penting tersebut banyak terdapat pada ikan, yang merupakan sumber asam lemak terbaik. Sebaiknya pilih ikan sardin, herring dan salmon yang terbukti kaya omega 3 tapi rendah merkuri dan kontaminan lainnya. Para ahli menyarankan memilih salmon liar ketimbang yang diternakkan. Anda dapat mengkonsumsinya 2 atau 3 ekor ikan dalam seminggu. Atau bila ingin yang lebih mudah, konsumsi telur yang diperkaya dengan omega 3.

Sebagai alternatif, para ibu hamil bisa mendapatkan omega 3 yang bebas racun dengan cara menggunakan minyak canola untuk memasak dan minyak flaxseed untuk bumbu salad. Akan tetapi minyak flaxseed pecah jika terkena panas, jadi tidak baik untuk memasak. Keduanya merupakan sumber alpha linolenic acid yang oleh tubuh diubah menjadi DHA dan EPA.

Bagi anda yang vegetarian dapat menggunakan minyak canola, telur omega 3 ditambah dengan makanan kecil kacang-kacangan yang dikeringkan secara teratur serta walnut. Jika ingin menggunakan suplemen sebaiknya ikuti saran dokter anda.

No comments:

Post a Comment