Friday 10 May 2013

INFORMASI SUPER PENTING KETIKA MEMPERSIAPKAN WAWANCARA


Mempersiapkan untuk wawancara adalah kunci keberhasilan Anda sebagai pencari kerja. Berbagai macam persiapan dari busana hingga curiculum vitae Anda sudah persiapkan dengan sebaik mungkin. Namun demikian , disarankan mulailah dengan melakukan penelitian mengenai latar belakang perusahaan. Mengetahui informasi perusahaan mengenai latar balakang perusahaan sangatlah penting bagi Anda dan dapat dimanfaatkan secara positif untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Informasi penting perusahaan seperti apa saja yang perlu Anda ketahui, simak lebih lanjut artikel ini.

Sebagai panduan untuk Anda, berikut daftar informasi apa saja yang Anda perlu ketahui dari Perusahaan dan bagaimana cara menggunakannya dalam mempersiapkan wawancara kerja : 

§ Ukuran Perusahaan
Dalam hal karyawan, lokasi dan aset. Informasi ini akan membantu Anda menentukan kriteria seperti prospek pertumbuhan Anda di perusahaan, kemungkinan promosi dan stabilitas perusahaan.

§ Jangka waktu perusahaan telah dibentuk
Hal ini akan membantu Anda membangun reputasi perusahaan dan memberikan gambaran atas kemungkinan keamanan kerja.

§ Produk dan jasa yang dihasilkan Perusahaan
Informasi tersebut dapat membantu Anda mempersiapkan jawaban wawancara yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. Pewawancara sering mengajukan pertanyaan, “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?” Jika Anda tidak memiliki respon yang baik dan efektif, sesuatu yang lebih komprehensif daripada jawaban “Perusahaan ini yang sangat baik,” Anda akan tampil dengan label tidak siap dan kurang informasi. Menyediakan jawaban rinci yang menunjukkan Anda telah melakukan pekerjaan rumah Anda dan menjadikan pewawancara terkesan.
Dalam wawancara, biasanya Anda akan di hadapkan pada pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan ini?” Tanggapan samar dan umum seperti “Karena Anda adalah pemimpin pasar” tidaklah memadai. Pewawancara ingin tahu secara spesifik mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan mereka. Jawaban cerdas dan percaya diri dengan menyoroti mengapa produk dan layanan perusahaan yang Anda minati dan bagaimana Anda dapat berkontribusi kepada mereka.

§ Target pasar, pangsa pasar dan pesaing utama
Ketika mempersiapkan diri untuk wawancara Anda perlu tahu seberapa besar peran dan kekuatan perusahaan di market. Mengembangkan beberapa pertanyaan yang spesifik sekitar informasi tersebut untuk diajukan pada saat wawancara.

§ Misi, visi dan value statment
Bagaimana perusahaan memandangan dirinya sendiri? Gunakan informasi ini untuk menyesuaikan jawaban wawancara Anda tentang mengapa Anda adalah seorang calon yang cocok dan mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan ini. Tunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang sesuai dengan budaya perusahaan.

§ Proyek khusus , perkembangan baru dan berbagai peristiwa perusahaan
Simak informasi mengenai peristiwa, perkembanganserta proyek khusus yag mungkin sedang dihandel perusahaan. Apakah ada daerah-daerah baru atau proyek yang Anda secara khusus dapat bergabung/berkontribusi? Sebuah pertanyaan wawancara khas adalah “Bagaimana Anda bisa berkontribusi untuk perusahaan kami?”. Gunakan riset Anda untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat menambah nilai perusahaan.

§ Tujuan strategis dan perencanaan perusahaan
Menyelaraskan wawancara Anda jawaban atas pertanyaan seperti “Apa yang akan Anda bawa ke organisasi ini?” untuk memenuhi kebutuhan strategis organisasi. Ketika mempersiapkan diri untuk wawancara, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mempersiapkan beberapa pertanyaan mendalam, untuk mengajukan pertanya seperti “Saya membaca di situs perusahaan, perusahaan ini berencana untuk berganti pangsa pasar tahun ini”. Anda harus berpikir : Bagaimana kandidat yang sukses memberikan kontribusi untuk rencana ini?” Apa saja tantangan utama yang dihadapi perusahaan? Bagaimana Anda dapat membantu dalam memenuhi tantangan ini? Membuat ” berdasarkan informasi tersebut, Anda dapat menyiapkan kekuatan ‘relevan dengan hal tersebut.

§ Status Keuangan
Kesadaran posisi keuangan perusahaan adalah penting ketika Anda datang untuk memutuskan mengambil peluang tawaran pekerjaan. Mengetahui arah mana perusahaan akan menjadi kunci Anda untuk membuat keputusan.

§ Struktur Organisasi
Ini membantu Anda untuk melihat apakah posisi yang akan Anda masuki cocok dengan kondisi dan keinginan Anda. Informasi tersebut juga menunjukkan setiap kemungkinan jalur karir dan kesempatan peningkatan karir bagi Anda kelak saat sudah bergabung ke dalam perusahaan.

§ Keterlibatan masyarakat
Apa tanggung jawab sosial ditunjukkan perusahaan? Apakah minat Anda sejalan dengan keterlibatan proyek perusahaan dalam masyarakat? Perhatikan dan gunakan point ini ketika ditanya mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan.

§ Informasi Industri
Apa saja isu-isu industri saat ini yang berdampak pada perusahaan? Bagaimana mereka mempengaruhi posisi Anda dalam melakukan wawancara? Siapkan pertanyaan seputar hal ini untuk diajukan dalam wawancara.

§ Informasi mengenai orang yang mewawancarai Anda
Usahakan mendapatkan informasi biografis seperti nama lengkap dan jabatan pewawancara Anda. Apa peran pewawancara dalam perusahaan? Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan hubungan-pembuka seperti, “Selamat, saya membaca bahwa Anda menerima promosi bulan lalu”

§ Tata letak Website
Melihat situs secara keseluruhan. Adakah petunjuk apakah desain situs tersebut memberikan Anda informasi tentang budaya perusahaan? Apakah mereka konservatif, tradisional atau yang funky, kreatif dan santai. Situs ini sering mencerminkan citra diri perusahaan, akan tetapi jangan hanya mengandalkan pada informasi ini saja..

No comments:

Post a Comment