Wednesday 8 May 2013

FAKTA PENTINGNYA AIR MINUM BAGI KESEHATAN


Ramadhan telah tiba, saatnya umat muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa.  Keberadaan air minum dalam menjalankan  puasa menjadi teramat penting, karena kekurangan asupan  air selama menjalankan  ibadah puasa dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh, yang  pada akhirnya  menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan.  Kemudian  fakta apa sajakah yang perlu kita pahami mengenai mengonsumsi air minum yang  benar . Cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini, dan bagi yang  menjalankan tetap semangat menjalankan ibadah puasa ya!
AIR, hadiah yang berharga diberikan pada kita oleh alam, dan air merupakan bagian utama dari konstitusi tubuh kita. Bahkan, 2 / 3 dari berat tubuh kita terdiri dari air. Komposisi air dalam organ tubuh kita adalah 83% darah terdiri dari air, otot manusia memiliki 75% air, otak kita 74% bagiannya terdiri atas air/cairan dan bahkan tulang manusia yang keras 22% bagiannya terdiri atas air/cairan. Air sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia, karena air berfungsi memastikan kelancaran berbagai sistem dalam tubuh manusia.
Kurangnya air dalam tubuh cenderung menimbulkan dehidrasi, sehingga menghambat peredaran darah dalam tubuh kita. Terjadinya masalah yang gawat meningkat, karena dehidrasi menyebabkan otak menjadi kurang aktif dan tubuh Anda terasa lelah dan letih. Air menjaga sistem pencernaan dalam rangka membuang produk-produk limbah dari tubuh Anda.
Air bertindak sebagai obat alami untuk mencapai kulit yang sehat serta bersinar. Manfaat air minum bagi kulit dapat dikaitkan dengan fakta bahwa air bertindak sebagai pembersih tubuh, dengan menghapus racun dan limbah dari tubuh Anda. Bagi Anda yang sudah bosan dengan masalah kelebihan berat badan, dapat menggunakan  air lemon hangat, hal tersebut  bekerja efektif dalam membantu program penurunan berat bagi mereka yang obesitas. Mengonsumsi air yang cukup juga membuat jantung Anda sehat. Jadi, minumlah air dalam jumlah cukup sepanjang hari untuk mencapai kebugaran tubuh serta pikiran Anda.
Berapa Banyak Air Minum Per Hari?
Tidak ada jawaban yang jelas untuk berapa banyak air minum per hari, karena bergantung pada sejumlah faktor seperti kondisi kesehatan, aktivitas yang Anda lakukan dll. Pada dasarnya rata-rata setiap hari, kita cenderung kehilangan cukup banyak air melalui keringat, menghembuskan napas dan buang air kecil. Oleh karena itu sangat perlu untuk mengonsumsi lebih banyak air untuk mengimbangi jumlah air yang dikeluarkan oleh tubuh kita.
Tidaklah bijaksana untuk mengonsumsi air hanya sebatas untuk memuaskan dahaga Anda saja,  tetapi sebaiknya biasakan diri Anda mengonsumsi/minum air pada interval yang sering sepanjang hari. Makanan menyumbang sekitar 20% asupan air dari total air yang masuk ke dalam tubuh kita, selain itu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 8 gelas air setiap hari.
Asupan air juga tergantung pada tempat di mana Anda hidup dan kondisi iklim di sekitarnya. Dalam cuaca lembab serta panas, kebutuhan untuk mengonsumsi air lebih besar, karena kemungkinan keluarnya air melalui keringat lebih besar, sehingga menempatkan Anda pada risiko terkena dehidrasi. Pada lingkungan dengan hawa dingin atau pada lokasi dengan ketinggian tempat yang lebih tinggi, Anda cenderung lebih sering buang air kecil/berkemih, sehingga menyebabkan kehilangan sejumlah besar cairan dalam tubuh.
Kondisi kesehatan juga menentukan asupan air Anda. Dalam kasus Anda menderita masalah kesehatan seperti demam, muntah dan diare, maka menyebabkan hilangnya cairan tubuh yang berlebihan. Ibu hamil juga perlu minum lebih banyak air, karena mereka berada pada risiko lebih tinggi untuk mendapatkan dehidrasi. Jadi, biasakan diri Anda minum banyak air sepanjang hari untuk tetap fit dan sehat.

No comments:

Post a Comment