Selasa, 14 Mei 2013

USAHA MEMBUAT MINUMAN DARI LIDAH BUAYA


Lidah buaya, siapa yang tidak kenal jenis tanaman  satu ini.  Lendir atau getah  yang  dihasilkan  dari daun lidah buaya umum digunakan  sebagai penyubur rambut. Dalam dunia industri, lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kosmetik, farmasi, kimia, makanan dan minuman.  Daging lidah buaya mengandung mineral, asam amino,  serat, enzim-enzim, vitamin,serta berbagai zat bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya ini mempunyai potensi tinggi sebagai makanan kesehatan, sehingga banyak digunakan untuk bahan  baku utama untuk minuman kesehatan dan kecantikan. Didukung  dengan budaya masyarakat untuk kembali menggunakan bahan dan obat-obatan yang alami, minuman lidah buaya mempunyai prospek  yang bagus untuk dijadikan  sebuah peluang usaha.

Terdapat 300 jenis lidah buaya di dunia, namun demikian  yang  bisa dijadikan bahan pangan  hanya dari jenis  Aloe Barbodensis atau yang  dikenal dengan Aloe Vera. Lidah buaya tergolong tanaman hortikultura.  Kandungan unsur utama dalam lidah buaya adalah alonin, emodin, resin, gum dan minyak atsiri.  Kandungan alonin pada gel atau lendir lidah buaya jenis Aloe vera adalah 18-25%. Alonin mempunyai rasa getir, mengandung antibiotik dan bersifat antiseptik.

Dari tanaman  lidah buaya dapat diproses lebih lanjut menjadi berbagai macam produk. Produk lain disamping sebagai olahan makanan dan minuman kesehatan berupa :
o       Gel pekatan atau konsentrat lidah buaya,
o       Bubuk /tepung  lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat antara lain :
  1. pemanfaatan yang  sudah  sangat familiar di masyarakat adalah sebagai penyubur rambut.
  2. Lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai obat, yaitu  obat pencahar serta berfungsi membantu bekerjanya fungsi usus besar.
  3. Lendir /getah daun yang  dihasilkan oleh lidah buaya apabila ditambah dengan gula ternyata dapat berkasiat untuk mengobati asma dan sebagai obat batuk
  4. Lidah buaya juga bersifat antiseptik dan dapat merangsang jaringan sel kulit baru, sehingga efektif untuk penyembuhan radang  kulit.
  5. yang  akan  kita bahas lebih  jauh yaitu pemanfaatan lidah  buaya sebagai minuman kesehatan

Setelah diatas diuraikan bagaimana kasiat yang  dimiliki lidah buaya, tidak diragukan  lagi bahwa mengkonsumsi lidah buaya sangat bermanfaat bagi tubuh. Secara spesifik berikut akan dibahas bagaimana mengolah lidah buaya menjadi minuman  segar yang berkhasiat.

BAHAN
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Minuman Lidah Buaya adalah  sebagai  berikut : Lidah buaya, Gula pasir, garam dapur, asam sitrat, pewarna makanan (hijau) dan  flavor / perasa.

ALAT
Peralatan yag  digunakan  dalam pembuatan  minuman  dari lidah buaya ini sangat sederhana yaitu cukup peralatan rumah tangga yang  ada di dapur : pisau steinles steel , panci, blender, baskom  dan kompor.

CARA PEMBUATAN
Langkah-langkah pembuatan minuman dari lidah buaya adalah sebagai berikut :
  1. Tahap pertama  adalah pemilihan  daun lidah buaya.  Pilih daun yag tebal dan belum terlalu tua, karena dau yang demikian rasa getirnya belum terlalu tajam. Ciri-ciri daun yang  belum  terlalu tua adalah : warnanya  hijau bintik-bintik putin bagian tepi daun berduri lunak  dan pucat.
  2. Tahap selanjutnya cuci daun lidah  buaya sampai bersih , kupas bagian  kulitnya dan ambil dagingnya.
  3. Ke dalam potongan  daging  lidah buaya tambahkan air dengan  perbandingan  4 : 1 antara daging  dan  air yang  digunakan.
  4. Blender campuran daging dan  air sampai hancur, kemudaian ekstraknya disaring dengan kain penyaring atau dengan menggunakan saringan  plastik.
  5. Tahap selanjutnya, tambahkan gula pasir sejumlah 10-15% , asam sitrat sejumlah 0,1 – 0,2 %, garam dapur sejumlah 0,025 – 0,1%, esence dan pewarna secukupnya.
  6. Kemudian campuran bahan-bahan tersebut dimasak dengan suhu 85-900C selama kurang  lebih 20-25 menit.
  7. Dalam keadaan masih  panas, masukan larutan tadi kedalam botol-botol yang  sudah disterilkan yaitu dengan cara dimasak dalam air mendidih selama kurang  lebih 1-2 jam. Banyaknya larutan  yang  dimasukkan  ke dalam botol sebaiknya tidak terlalu penuh , yaitu  dengan  menyisakan ruang udara sebanyak 1,5-2,5 cm dari bagian  atas botol.
  8. Kemudain  botol-botol yang berisi larutan lidah buaya tadi dipanaskan  dalam air mendidih selama kurang  lebih 10-15 menit. Kemudian  angkat botol dan  tutup dengan segera.
  9. Langkah berikutnya, biarkan  botol-botol berisi minuman lidah  buaya tersebut dingin pada suhu ruangan.
  10. Tahap terakhir dari pembuatan minuman  lidah buaya ini adalah pemberian label pada botol

Minuman  sari lidah buaya yang  sudah  dikemas tersebut siap dipasarkan. Selain rasanya menyegarkan, minuman lidah buaya tersebut juga berkhasiat bagi kesehatan. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi kosumen.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar