Saturday 11 May 2013

TIPS DAN TRIK MENJAWAB PERTANYAAN WAWANCARA


Terkadang  ketika menjalani sebuah Test wawancara , kita merasakan bahwa pertanyaan yang  diajukan pihak pewawancara terkesan standar dan  hampir sama, meskipun  dikemas  dengan bahasa  yang berbeda. Di balik pertanyaan wawancara yang umumnya diajukan pada saat wawancara, terkandung suatu kriteria dan persyaratan tertentu yang dikehendaki oleh pihak perusahaan untuk dimiliki oleh calon karyawannya. Seorang calon karyawan hendaknya mencermati mengapa pertanyaan tersebut diajukan, hal apa yang ingin diketahui dan menjadi syarat diterimanya seorang kandidat oleh perusahaan. Pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara pekerjaan tersebut mungkin dikemas dalam beragam bentuk atau dengan bahasa penyampaian yang berbeda. Perusahaan mencari orang yang dapat berdiri di atas sebuah konflik dan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan win-win Solutions. Gunakan pedoman berikut ini untuk mempersiapkan dan melatih jawaban Anda atas beberapa pertanyaan yang umum diajukan pada saat wawancara kerja.

Bagaimana Cara Anda menangani sebuah konflik?
Pewawancara ingin tahu bagaimana Anda bereaksi terhadap sebuah konflik dan bagaimana Anda mengelolanya. Cobalah untuk fokus menjawab wawancara kerja Anda pada proses perilaku yang Anda gunakan untuk menyelesaikan konflik. Jangan langsung memberikan jawaban mengenai betapa Bos Anda atau rekan kerja Anda memiliki karakter yang sangat sulit dan bagaimana repotnya bekerja sama dengan mereka. Hal tersebut akan memberikan gambaran bahwa Anda merupakan sosok yang tidak mudah bekerja sama dengan orang lain. Perusahaan menginginkan sosok orang yang dapat menjalin hubungan baik dengan pihak lain.

Gunakan jawaban wawancara Anda untuk menyorot keterampilan interpersonal Anda, kedewasaan dan kemampuan Anda untuk tetap tenang dalam menghadapi kesulitan. Sebagai contoh: "Setiap orang harus menangani konflik di beberapa titik. Saya menemukan bahwa ketika menghadapi sebuah konflik, saat membantu pada saat kita mencoba untuk menempatkan diri dalam posisi orang lain dan memahami sudut pandang mereka. Merupakan suatu hal yang cukup penting untuk mengajukan pertanyaan dan mendengarkan pandang serta pendapat mereka… Jika anda tahu apa penafsiran mereka dari situasi tersebut, maka lebih mudah untuk mencari jalan keluar solusi. Misalnya ….. (memberikan contoh spesifik dari situasi konflik dan bagaimana Anda berurusan dengan itu). "
Tekankan teknik yang Anda gunakan untuk meredakan konflik seperti memahami posisi orang lain, mengajukan pertanyaan untuk mengetahui penyebab konflik, tidak menyalahkan dan tidak menjadi terlalu emosional. Menunjukkan kemampuan Anda untuk bekerja sama untuk mencapai resolusi yang dapat diterima.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan standar dalam wawancara yang mengeksplorasi sejumlah aspek sekaligus.

Situasi yang paling sulit seperti apa yang telah Anda hadapi?
Pertanyaan wawancara kerja seperti ini mencoba untuk menentukan dua hal – seperti apakah definisi sulit bagi Anda dan bagaimana cara Anda “mendekati” tantangan dan masalah tersebut.
Hindari membahas situasi sulit yang secara langsung Anda menjadi penyebabnya. Pastikan yang Anda bahas adalah situasi yang benar-benar sulit atau kebanyakan orang menganggapnya sulit.
Pikirkan masalah spesifik yang menguji keterampilan dan kemampuan Anda dan memiliki hasil yang positif. Fokuskan pada cara Anda menganalisis situasi, keterampilan yang Anda gunakan secara profesional untuk menangani hal tersebut dan apa kontribusi khusus Anda dalam menyelesaikan hal itu. Selalu mencoba untuk mengakhiri jawaban dengan catatan positif

Contoh situasi sulit antara lain : harus mendisiplinkan karyawan, tujuan dan tenggat waktu proyek yang tidak masuk akal, pelanggan dan klien tidak masuk akal, beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi praktek kerja yang tidak etis.

Keterampilan Anda yang harus disorot/ditonjolkan antara lain akal sehat, ketekunan, kemampuan berdiplomasi, kedewasaan Anda, manajemen stres dan kemampuan menilai.
Semoga tips di atas dapat memandu dan menjadi bekal bagi Anda  untuk menghadapi dan memenangkan wawancara kerja yang Anda idam-idamkan.

No comments:

Post a Comment