Friday 10 May 2013

MANFAAT SUPLEMEN KALSIUM


Kalsium merupakan unsur yang penting bagi tubuh manusia.  Jika dirasa dalam makan sehari-hari Anda tidak memenuhi kebutuhan kalsium harian dalam tubuh, maka lebih baik untuk menambahkan atau mengonsumsi suplemen kalsium, sebagai sumber yang bagus untuk memastikan bahwa Anda memiliki jumlah kalsium yang cukup sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada saat ini pasar dibanjiri dengan berbagai jenis suplemen kalsium, (seperti kalsium karbonat, kalsium fosfat dan kalsium sitrat dll) masing-masing berbeda dalam hal konsentrasi kalsium dan juga mungkin ada perbedaan dalam hal penyerapan tiap-tiap jenisnya. Uraian berikut memberikan panduan apa saja manfaat suplemen kalsium dan diharapkan dapat membantu Anda memutuskan perlu atau tidaknya Anda menambahkan suplemen kalsium dalam menu harian Anda.

Asupan kalsium sangat penting, hal ini berkaitan dengan fakta bahwa kalsium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia seperti misalnya saja :
  • Kalsium bermanfaat dalam mengatur detak jantung Anda.
  • Kalsium juga bermanfaat dalam membangun dan menjaga kesehatan tulang.
  • Kalsium bermanfaat membantu dalam merangsang sekresi hormon.
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bahwa sangat diperlukan untuk mengonsumsi kalsium, karena tubuh tidak membuat kalsium dengan sendirinya. Sangat penting untuk mengonsumsi kalsium sehari-hari, karena setiap hari, tubuh terus kehilangan kalsium, dengan demikian, muncul kebutuhan untuk mencukupi kebutuhan asupan kalsium, sehingga dapat menutupi jumlah kalsium yang hilang dari tubuh.

Dengan tidak adanya kalsium yang cukup dalam tubuh, maka tubuh menggunakan kalsium yang tersedia, untuk melaksanakan fungsi-fungsi tubuh lainnya, sehingga membuat tulang lemah/rapuh. Ketika dalam asupan makanan sehari-hari kebutuhan kalsium tidak tercukupi, maka dari itu diperlukan suplemen kalsium untuk memenuhi kekurangan kebutuhan kalsium tersebut. Selalu cermati setiap jenis suplemen kalsium bermerek dan periksalah kemurniannya. Carilah informasi yang lengkap tentang efek samping dari suplemen kalsium, jika ada dan kemudian mengambil keputusan apakah perlu bagi Anda untuk menambahkan suplemen kalsium atau tidak. Jadi, jangan hanya sepenuhnya mengandalkan suplemen kalsium, tetapi tidak ada salahnya menambahkan suplemen kalsium tersebut untuk melengkapi makanan, sehingga Anda dapat memiliki asupan kalsium harian Anda sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment