Wednesday 8 May 2013

CARA MEMBUAT KALDU SAPI


TIPS MEMBUAT KALDU SAPI

Penggunaan kaldu merupakan cara praktis mengolah masakan secara cepat dengan cita rasa yang menggugah selera. Paduan tulang dan daging sapi yang dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama akan menghasilkan kaldu dengan rasa yang lezat. Bahan lain yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kaldu adalah tulang iga ataupun kaki sapi. Berikut ini tahapan pembuatan kaldu sapi :
  1. Siapkan bahan-bahan kaldu yang terdiri atas : campuran tulang dan daging sapi yang sudah dipotong-potong sebanyak 1,5 kg, Wortel segar 200 gr, 300 gr bawang bombay, 150 gr seledri, 100 gr daun bawang prei dan 2 ltr air. Masukan semua bahan ke dalam panci.
  2. Masak semua bahan di atas api sedang hingga mendidih. Buang kotoran pada permukaan kaldu selama 30 menit pertama.
  3. Tambahkan 6 butir merica yang di pecah kasar dan 1 lembar bay leaf.
  4. Kecilkan api, masak terus bahan kaldu selama kurang lebih 4-5 jam.
  5. Angkat panci dari atas api, saring kaldu dan dinginkan
Note :
  • Dalam pembuatan kaldu, pemilihan bahan-bahan yang digunakan dalam sangat menentukan kualitas kaldu yang dihasilkan. Oleh karena itu pemilihan bahan yang berkualitas baik dan segar sangat diutamakan.
  • untuk 1,2 ltr kaldu sapi.

TIPS MEMBUANG LEMAK DARI KALDU

Kaldu yang bagus seharusnya tidak mengandung banyak lemak dan tampilannya bening. Karena itu, selama perebusan buang kotoran/lemak yang mengapung di permukaan kaldu. Akan tetapi apabila dengan cara tersebut kaldu yang dihasilkan masih mengandung banyak lemak, Anda bisa menggunakan tips berikut :
Membuang Lemak dari Kaldu Panas :
Apabila kaldu masih dalam keadaan panas dan hendak segera digunakan, buang terlebih dahulu lemak yang mengapung di permukaan dengan menggunakan sendok. Selanjutnya gunakan tisu dapur yang tebal untuk mengangkat lemak yang tersisa. Caranya, taruh selembar tisu dapur di atas permukaan kaldu, tarik ke belakang dan angkat kertas. Lemak akan menempel pada tisu.
Membuang Lemak dari Kaldu yang didinginkan :
Simpan air kaldu yang sudah dingin beberapa lama di dalam lemari es. Hasilnya lemak akan membeku dan terkumpul di atas permukaan membentuk lapisan lemak. Angkat menggunakan sendok hingga bersih.
Cukup praktis bukan cara pembuatannya, sekarang Anda bisa menghidangkan masakan istimewa dengan praktis dan tidak memakan waktu lama.

1 comment: