Saturday 11 May 2013

TIPS MENULIS RESUME DAN SURAT LAMARAN


Sering kali kita dihadapkan pada kenyataan dari sekian banyak surat lamaran yang kita ajukan / kirimkan ke berbagai perusahaan , tidak satu pun tanggapan atau panggilan wawancara kerja yang dialamatkan pada diri Anda. Adakah yang salah dari surat lamaran atau aplikasi yang kita buat? Lalu bagaimana seharusnya surat lamaran dan resume itu dibuat hingga menarik bagi pihak perusahaan untuk melakukan interview bahkan menjadikan kita sebagai karyawan dalam perusahaan tersebut? Tidak perlu bingung, karena artikel ini akan memberikan panduan bagaimana sebaiknya Anda menyusun sebuah Surat Lamaran Pekerjaan serta Resume dengan baik. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya , silakan baca lebih lanjut !

TIPS MENULIS RESUME

Mengapa saya harus menyertakan resume bersama dengan aplikasi saya?
Sebuah resume dapat membantu bagian Sumber Daya Manusia untuk mengetahui dan mengerti apa keahlian, pengalaman, dan pendidikan Anda yang relevan dengan jenis pekerjaan yang tersedia. Sebuah resume baik membuat aplikasi Anda terlihat lebih profesional. Anda dapat menggunakan resume untuk membantu menunjukkan kemampuan komunikasi Anda.
Apa yang harus saya sertakan dalam resume saya?
Gunakan resume Anda untuk membantu menargetkan pencarian kerja Anda. Resume terdiri dari riwayat kerja, pendidikan, pengalaman yang relevan, dan keanggotaan / asosiasi kegiatan yang Anda ikuti. Gunakan resume Anda untuk menyorot pengalaman kerja yang bernilai penting bagi Anda dan keterampilan apa saja yang Anda miliki. Jangan menyertakan informasi tentang status perkawinan, status orangtua, afiliasi keagamaan, foto, usia, atau materi lain yang tergolong berat.
Pemilihan Bahasa Dalam Resume
Gunakan kata kerja seperti "dikembangkan," "berhasil," "terkoordinasi," dan "dipelihara."
Yang perlu dicermati, jangan gunakan "saya" untuk memulai setiap kalimat dan jangan menggunakan kata-kata Anda sendiri untuk menjelaskan pengalaman Anda
Informasi dalam Resume
  • Sertakan nama Anda, nomor telepon dan alamat.
  • Sertakan tanggal pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya dalam format / bulan tahun (misalnya: 02/05 – 08/02).
  • Sertakan referensi. Gunakan lembar terpisah jika perlu.
Tampilan Resume
  • Gunakan 1 "margin pada semua sisi.
  • Gunakan font standar yang mudah dibaca.
  • Gunakan font tebal dan miring untuk menyorot informasi penting.
  • Pastikan untuk meninggalkan beberapa ruang putih di antara bagian.
  • Jangan label/memberi judul resume Anda dengan Judul "Resume", tidak perlu.
  • Resume Anda bisa lebih panjang dari 1 halaman. Aturan praktis yang baik adalah 1 halaman untuk setiap 10 tahun riwayat kerja Anda.

TIPS MENULIS SURAT LAMARAN

Mengapa saya harus menyertakan surat lamaran bersama dengan aplikasi saya?
Surat cover dapat menjadi alat yang berguna untuk menyorot keahlian Anda. Gunakan surat lamaran untuk menunjukkan bahwa keterampilan yang Anda miliki sesuai untuk pekerjaan tersebut. Sebuah surat lamaran juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran – yakni “sebagai brosur penjualan pribadi Anda! “Anda harus mencantumkan surat lamaran kapan saja Anda menggunakan resume.
Dapatkah saya menggunakan satu surat lamaran standar pada masing-masing aplikasi saya?
Anda perlu untuk menyerahkan surat lamaran terpisah pada setiap set bahan aplikasi. Karena surat lamaran adalah cara untuk membantu pengusaha mengetahui keterampilan yang Anda miliki dan bagaimana mereka menemukan kandidat cocok untuk pekerjaan tertentu yag tersedia dalam perusahaan mereka, merupakan sebuah ide yang baik untuk menyesuaikan surat lamaran Anda untuk setiap posisi yang Anda lamar.
Informasi Apa yang saya sertakan dalam surat lamaran saya?
  • Identifikasikan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Termasuk judul serta jumlah lowongan yang tersedia.
  • Sebutkan dari mana Anda memperoleh informasi lowongan pekerjaan tersebut. Jika Anda mendapatkan rujukan dari seseorang, sebaiknya Anda menyebutkan nama orang tersebut.
  • Ulas secara singkat keahlian dan pengalaman Anda. Namun tidak mencakup semua informasi seperti yang Anda paparkan pada resume Anda.
  • Jelaskan kepada pihak perusahaan poin positif apa yang akan mereka dapatkan dengan mempekerjakan Anda sebagai karyawan.
  • Tutup surat dengan menyatakan apa yang Anda ingin terjadi selanjutnya. Sebutkan di mana Anda dapat dihubungi melalui telepon atau email.
Format apa yang harus saya gunakan?
surat pengantar Anda harus dalam format surat bisnis standar.
Apakah saya harus menyertakan surat pengantar jika saya menyerahkan materi saya melalui email?
Ya.

No comments:

Post a Comment