Wednesday 8 May 2013

KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF


Rahasia kepemimpinan yang besar adalah memiliki kemampuan serta keterampilan kepemimpinan untuk dapat berhubungan dengan orang dengan cara yang halus namun tegas. Pada kenyataannya keterampilan kepemimpinan lebih dari sekedar berbicara masalah percaya diri dan pembawaan sikap yang serius. Untuk menjadi sesosok pemimpin yang efektif, seseorang harus memiliki “satu paket eksklusif” hubungan manusia dan keterampilan interpersonal. Gaya kepemimpinan yang tepat diperlukan dalam setiap langkah kehidupan profesional, apakah Anda seorang pengusaha yang memiliki sebuah bisnis, atau Anda sebagai pengelola atau diserahi tanggung jawab mengelola suatu perusahaan ataupun Anda adalah seorang karyawan yang sedang mencari jalan menuju ke pucuk pimpinan perusahaan. Keterampilan kepemimpinan yang efektif tidak bisa datang begitu saja, hal tersebut membutuhkan investasi waktu dan energi untuk menyempurnakan dan mengasah kemampuan Anda. Oleh karena itu, mengasah keterampilan kepemimpinan merupakan komponen yang paling penting untuk sukses dalam dunia bisnis. Baca ulasan ini lebih lanjut untuk mengetahui ciri-ciri yang berbeda yang dimiliki seorang pemimpin yang efektif.

SIFAT DARI SEORANG PEMIMPIN YANG EFEKTIF


STABILITAS EMOSIONAL
Seorang pemimpin yang baik harus mampu menoleransi dan memiliki adaptasi yang tinggi terhadap tingkat frustrasi dan stres. Orang harus mampu menyesuaikan diri dengan baik dan memiliki kedewasaan psikologis untuk berurusan dengan segala sesuatu kemungkinan yang akan dihadapi, pada saat dia menjadi seorang pemimpin.

KEKUASAAN
Seorang pemimpin yang efektif harus tegas dalam gaya berpikir dan memiliki sikap percaya diri, pada saat berurusan dengan orang lain. Ia harus kompetitif dan mampu mengambil keputusan atas nama seluruh timnya.

ANTUSIASME
Pemimpin diasumsikan untuk menjadi aktif dan ekspresif. Seorang pemimpin yang efektif harus optimis dan terbuka untuk setiap perubahan yang datang. Namun, ia juga harus cepat dan waspada saat melakukannya. Seorang pemimpin yang efektif harus memiliki jiwa abadi dan antusiasme abadi tentang pekerjaan dan harus mampu mendorong sikap yang sama ke dalam timnya.

SIFAT BERHATI-HATI
Karena pemimpin didominasi oleh rasa tanggung jawab, mereka memiliki karakter cenderung menuntut. Oleh karena itu, pemimpin yang sukses harus sangat disiplin dan memiliki kebutuhan dan standar yang tinggi terhadap kesempurnaan (pencapaian target/tujuan).

MEMILIKI PIKIRAN YANG TANGGUH
Seorang pemimpin yang baik harus praktis, logis dan to-the-point. Karena ia / ia harus menghadapi banyak risiko dan kritik, seorang pemimpin harus menghindari atau seminim mungkin memiliki sifat sentimental dan tidak sensitif terhadap penderitaan.

KEPERCAYAAN PADA DIRI SENDIRI
Karakteristik umum lainnya dari seorang pemimpin yang efektif adalah kepercayaan diri dan ketahanan. Seorang pemimpin harus aman, bebas dari rasa bersalah dan tidak terpengaruh oleh kesalahan atau kegagalan sebelumnya.

MEMILIKI ENERGI TINGGI
Seorang pemimpin harus sangat energik karena ia harus berinvestasi dalam jam kerja yang panjang untuk meningkatkan perusahaan. Seorang pemimpin tidak pernah patah semangat dan harus selalu siap untuk menghadapi setiap tantangan.

KEDEWASAAN
Kekuatan pribadi dan pengakuan harus dikesampingkan untuk fokus pada pengembangan karyawan untuk menjadi pemimpin yang baik. Kita harus cukup dewasa untuk menyadari bahwa lebih dapat dicapai dengan memberdayakan orang lain, bukan memerintah mereka.

TIM ORIENTASI
Kecenderungan tren saat ini, penekanan lebih diletakkan pada kerja tim oleh para pemimpin bisnis. Seorang pemimpin yang baik menetapkan hubungan sebagai sesama orang dewasa dalam bersikap terhadap karyawannya untuk mendorong dan memotivasi mereka, daripada menerapkan hubungan orang dewasa-anak, di mana model seperti ini cenderung menerapkan hubungan perintah dan mematuhi.

KARISMA
Karena pemimpin yang dianggap “lebih besar” oleh kebanyakan orang, karisma memainkan peran integral dalam memperoleh kepercayaan dari karyawan. Pemimpin karismatik yang lebih baik mampu membangkitkan emosi yang kuat antara karyawan dengan mendefinisikan visi, sehingga mempersatukan dan menawan mereka. Melalui visi ini, seorang pemimpin yang lebih baik memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan masa depan mereka, sehingga menghasilkan penghargaan pribadi dan nilai-nilai.

No comments:

Post a Comment