Wednesday 8 May 2013

ULASAN RINGKAS MENGENAI TSUNAMI


Anda semua dan adik-adik tentu masih ingat kejadian tsunami di jepang beberapa waktu lalu atau bahkan yang terjadi di Indonesia, yaitu gempa dan tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu. Banyak kita dengar kata Tsunami tapi apakah kita mengenal tsunami itu secara detail? Naaah oleh karena itu pada artikel ini kita akan bekenalan lebih jauh dengan tsunami…
APA ITU TSUNAMI?
Tsunami berasal dari bahasa Jepang yaitu Tsu (pelabuhan) dan Nami (ombak besar) , yang kemudian diartikan sebagai “Gelombang Pelabuhan”
Tsunami merupakan gelombang pasang yang bergerak dengan kecepatan tinggi, hingga disebut juga kereta gelombang.
Tsunami adalah rangkaian gelombang. Pada faktanya gelombang yang pertama muncul bukanlah yang menjadi penyebab kehancuran.
APA YANG MENYEBABKAN TERJADINYA TSUNAMI?
Pada bagian dasar laut ditemukan adanya kerak bumi, gunung berapi bawah air serta magma.
Tsunami terjadi karena adanya gangguan di bawah laut yang dipicu oleh :
  1. Gempa bumi
  2. Letusan gunung api bawah laut
  3. Longsoran bawah laut
  4. Meteor yang jatuh ke bumi
BAGAIMANA PROSES TERJADINYA TSUNAMI?
Pada umumnya Tsunami terjadi akibat gempa bumi bawah laut. Gerakan Vertikal (ke atas atau ke bawah) kerak bumi menyebabkan dasar laut naik dan turun secara tiba-tiba, sehingga keseimbangan air laut yang berada diatasnya terganggu.
Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga mengakibatkan tsunami.
Tsunami dapat terjadi setempat atau meluas ke wilayah lain. Besar kecilnya kecepatan dan gelombang Tsunami dipengaruhi oleh kedalaman air laut.
Di laut dalam kecepatan tsunami sangat kencang akan tetapi tinggi gelombangnya rendah. Sebaliknya semakin dangkal air laut maka kecepatan tsunami melemah tetapi tinggi gelombangnya meningkat.
APA SAJA TANDA-TANDA TERJADINYA TSUNAMI?
Apakah kita bisa mengetahui tanda-tanda akan terjadinya bencana Tsunami? Seharusnya bisa apabila kita memperhatikan dengan seksama, misalnya:
  1. Bencana Tsunami diawali oleh gempa bawah laut (terasa di sekitar wilayah pantai)
  2. Setelah gempa terjadi maka air laut di sekitar pantai menjadi surut sangat rendah secara tiba-tiba (air laut seolah tersedot ke dasar laut)
  3. Tercium bau garam yang tidak seperti biasanya dari pantai.
Kebiasaan nenek moyang kita sebenarnya dapat membantu, seperti bersahabat dengan alam, sehingga kita dapat memahami adanya perubahan tingkah laku hewan beberapa saat sebelum terjadinya Tsunami.

No comments:

Post a Comment