Saturday 11 May 2013

TIPS HIDUP SANTAI SEBAGAI SINGLE PARENT


Kehidupan sebagai orang tua tunggal dapat mengalami tekanan secara emosional, mental dan fisik. Mereka harus mencari nafkah, menangani tugas-tugas pekerjaan rumah tangga, dan mengurus anak-anak, semua dikerjakan dalam waktu yang sama. Mereka harus memainkan peran sebagai ‘Ibu’ dan ‘Ayah’ seorang diri. Berikut adalah beberapa tips untuk merencanakan jadwal kegiatan Anda, mengambil beberapa saat waktu senggang untuk bersantai, mengelola segala sesuatu dan tetap berpikiran secara sehat serta bugar sebagai orang tua tunggal:
  • Jangan menjadi putus asa dengan rasa bersalah dan penyesalan untuk hal-hal yang tidak mampu Anda lakukan.
  • Sebelum tidur di malam hari, rencana kegiatan Anda untuk hari berikutnya.
  • Di pagi hari, pertama meninjau prioritas Anda dan lakukan segala sesuatunya bedasarkan prioritas.
  • Anda mungkin harus berkompromi dengan beberapa hal dan belajar untuk menyusun prioritaskan. Mungkin, mencuci lebih penting daripada mengepel dan menyapu satu hari atau mengunjungi sekolah anak-anak dapat mengganti kunjungan Anda ke bank pada hari lain.
  • Catatan kecil dapat membantu Anda dengan pikiran positif, sehingga terhindar dari kekacauan dan membuang apa pun yang Anda bisa. Cobalah untuk bekerja berdasarkan catatan yang telah Anda buat, kerjakan dengan segera, jangan menunda-nunda atau abaikan untuk sementara atau buat catatan untuk waktu berikutnya jika pekerjaan tersebut diperlukan untuk waktu mendatang.
  • Keterampilan yang digunakan dalam manajemen kantor terbukti berguna juga untuk diterapkan di rumah. Tempat kerja yang bersih dan tiga folder berlabel ‘Mendesak’, ‘secepatnya’ dan ‘Untuk disimpan’ akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.
    Sistem pengarsipan yang baik akan memastikan bahwa Anda tidak harus menghabiskan berjam-jam mencari kertas di kemudian hari yang dapat membuang waktu Anda dengan sia-sia . File folder berlabel kertas manila harus disimpan dalam lemari file yang memiliki laci penyimpanan.
  • Sebuah tape recorder  dengan  headphone kecil dapat memungkinkan Anda untuk mencatat/menyimpan apa pun yang datang ke pikiran Anda saat mengemudi atau memasak. Anda dapat melakukan perencanaan, membuat janji dan bahkan mendengarkan lagu-lagu juga.
  • Meminta bantuan dari anggota keluarga lainnya, tetangga dan teman-teman atau siapa pun yang bersedia membantu dan biarkan anak-anak juga turut membantu menyelesaikan pekerjaan Anda.
  • Mengatur alarm untuk segala sesuatu dan berkonsentrasi hanya pada satu hal untuk jangka waktu tertentu. Ketika alarm berdering, beralih ke tugas lain dan meninggalkan tugas di tangan untuk hari lain.
  • Mengatur sekitar setengah jam di malam hari hanya untuk anak Anda dan biarkan dia tahu bahwa saat ini ia bisa mendapatkan perhatian penuh Anda. Jika perlu, matikan ponsel dan telepon , sehingga tidak ada gangguan.
  • Mengatur sekitar 20 menit hanya untuk diri sendiri juga dan melakukan apa pun yang membuat Anda merasa lebih baik seperti bersantai, menjerit, olahraga, menangis atau tertawa. Ajarkan anak untuk tidak mengganggu Anda pada saat itu.
  • Benda-benda atau memenuhi setiap pemintaan dan keinginan anak tidak akan pernah bisa menggantikan orang tua yang pernah hilang. Kompensasi berlebihan pada anak, hanya dapat merusak mereka dan menjadikan mereka egois dan mungkin mencoba untuk mengontrol Anda.
  • Sekali sebulan, mintalah seseorang untuk menjaga anak Anda, pada saat itu Anda dapat mencoba dan melakukan semua tugas pendek dan pekerjaan aneh pada hari yang telah ditentukan.
    Kadang-kadang  terjadi hal-hal di luar kendali Anda dan Anda dapat mengambil waktu tersebut untuk bersantai atau memikirkan beberapa hal sementara Anda menunggu dalam kemacetan lalu lintas atau sebuah antrian panjang.
  • Jika Anda terlalu lelah atau stres, tidak perlu untuk merasa malu untuk menunda hal.
    Menulis catatan-catatan, alamat dan nomor telepon pada buku harian kecil atau kartu kecil yang dapat dimasukkan ke dalam file akan menghindarkan Anda dari kehilangan data-data tersebut.
  • Gunakan akhir pekan, hanya untuk bersantai dan menikmati waktu dengan anak Anda. Lakukan semua pekerjaan pada hari kerja.
  • Berbagi pekerjaan dan waktu dengan anak-anak Anda dan cobalah untuk melakukannya segala sesuatunya dengan segera seperti membersihkan kamar anak dan mintalah pada anak yang lebih tua membantu untuk memasak dan kemudian melakukan perjalanan yang menyenangkan bersama-sama.

No comments:

Post a Comment