Friday 10 May 2013

MANFAAT SERTA KANDUNGAN BUAH SAWO


Indonesia kaya akan beragam jenis buah-buahan, baik jenis buah asli Indonesia ataupun buah yang berasal dari luar yang dikembangkan di Indonesia. Penyuka buah bercita rasa manis pasti tidak akan melewatkan jenis buah yang satu ini, SAWO Acrhras zapota. Linn ). Sawo yang disebut neesbery atau sapodilas adalah tanaman buah berupa yang berasal dari Guatemala (Amerika Tengah), Mexico dan Hindia Barat. Namun di Indonesia, tanaman sawo telah lama dikenal dan banyak ditanam mulai dari dataran rendah sampai tempat dengan ketinggian 1200 m dpl, seperti di Jawa dan Madura.
Citra rasa manis dan masirnya sawo menjadikan buah ini banyak disukai orang. Dibalik rasa manis dan masir yang dimiliki buah sawo, tahukah Anda bahwa dari buah sawo ini terkandung zat gizi serta manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mengetahui lebih lengkapnya,simak lebih lanjut bahasan berikut :
Buah Sawo selain kaya akan gula, juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin, karbohidrat dan serat pangan. Keistimewaan sawo terletak pada kandungan nutrisi dalam daging sawo yang berwarna kecoklatan. Di dalam 100 mg buah sawo terkandung energi 102 kkal, protein 0.5 gr, lemak 1.1 gr , karbohidrat 22,4 gr, mineral 0.5 gr, kalsium 25 mg, fosfor 12 mg, besi 1 mg, retinol 18 mcg dan asam ascorbat sejumlah 21 mg.
Salah satu keunggulan buah Sawo adalah buah ini baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, hal ini disebabkan Buah sawo merupakan sumber kalium yang baik. Di sisi lain kandungan Natrium dalam buah ini tergolong rendah. Perbandingan antara kandungan kalium dan Natrium dalam buah ini sebesar 16 : 1. Tidaklah mengherankan jika buah ini makin banyak dicari dan mulai banyak dijual dengan bentuk jus buah kemasan.
Selain itu dalam buah sawo, terkandung serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan gula sederhana di dalam sawo juga mampu memulihkan energi secara cepat. Sawo juga bisa meminimalkan risiko kanker pencernaan, karena buah ini punya kemampuan mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan.
Bagaimana, masih ragu mengonsumsi jenis buah yang satu ini? Segera ambil menu makan Anda dan sisipkan buah sawo sebagai salah satu menu buah harian Anda, sebagai cara menjaga tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

No comments:

Post a Comment