Saturday 11 May 2013

TIPS RUMAH/APARTEMEN KECIL YANG NYAMAN


Banyak orang lebih memilih tinggal di sebuah apartemen atau rumah berukuran mungil karena bagi mereka cukup melelahkan mengurus hunian dengan ukuran besar/luas. Di sisi lain, sebagian orang harus tinggal di sebuah apartemen ataupun rumah kecil, karena faktor keterbatasan kemampuan mereka. Apapun alasan Anda untuk menempati sebuah hunian berukuran kecil, Anda tetap harus mengatur dan menata apartment atau rumah Anda agar tetap rapih dan nyaman dihuni. Jika tempat yang Anda diami adalah milik pribadi, ada kecenderungan dalam diri Anda untuk selalu `membuat perubahan untuk baik dengan alasan mengikuti tren ataupun kenyamanan dan kerapian. Namun jika tempat yang Anda diami merupakan sewaan, sebagian pemilik rumah/apartemen tidak mengizinkan penyewa untuk membuat perubahan drastis atas rumah mereka, katakanlah mengubah kitchen set yang sudah ada. Dalam kasus seperti itu, menyesuaikan gaya hidup Anda adalah suatu hal yang akan membuat perbedaan.

Tips Apartemen/Rumah Kecil Anda Tetap Tertata Rapih

Beberapa kebiasaan kecil dan perlakuan sederhana dapat membuat perubahan yang nyata untuk mendapatkan hunian yang nyaman. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuat hunian Anda nyaman antara lain :
§ Biasakan mengatur tempat tidur Anda sebelum Anda meninggalkan rumah untuk beraktivitas. Kondisi tempat tidur berantakan dapat memberikan tampilan yang sangat kotor ke kamar Anda.
§ Hal yang membuat sebuah ruang kecil terasa sesak adalah menempatkan terlalu banyak benda di dalam suatu ruangan. Hindari meletakkan berbagai macam benda di sembarang tempat, melainkan tepatkan benda sesuai dengan fungsi dan keperluannya untuk masing-masing ruangan.
§ Hendaknya membeli beberapa buah tempat penyimpanan dan tempatkan benda-benda yang sesuai dan dibutuhkan saja. Pengaturan barang-barang dengan baik akan membuat rumah kecil Anda rapi dan diatur.
§ Dalam banyak kasus, ruang tersedia digunakan untuk meletakkan benda-benda yang sudah tidak diperlukan dan perlu dibuang, hal demikian membuat tampilan rumah terlihat berantakan. Belum lagi, Anda mungkin kehilangan banyak waktu yang berharga hanya untuk menemukan benda-benda kecil Jadi, segera singkirkanlah benda-benda yang sudah tidak terpakai.
§ Jangan menunda membenahi sesuatu yang tidak beres. Selain menyebabkan ruangan jadi berantakan, kebiasaan tersebut juga menyebabkan barang-barang penting hilang ataupun terselip. Segera tempatkan semua surat-surat penting dan dokumen dalam sebuah file, daripada membiarkan surat serta dokumen tersebut teronggok diatas meja. Jika Anda menulis sesuatu, pastikan untuk segera mengembalikan pena dan kertas tulis di tempatnya setelah selesai digunakan.
§ Simpan semua peralatan tukang Anda didalam sebuah rak/laci dengan mengelompokkan benda-benda tersebut sesuai ukuran ataupun fungsinya. Selain membuat apartemen / rumah Anda tetap rapih, akan lebih mudah mencarinya apabila suatu saat Anda memerlukannya.
§ Jangan meletakkan pakaian kotor Anda di sembarang tempat dalam kamar Anda. Pilihan terbaik adalah dengan menggunakan keranjang untuk menampung pakaian kotor tersebut
§ Setelah makan makanan, Anda harus segera membawa piring ke dapur dan membuang semua sisa kotoran di tempat sampah.
Dengan menerapkan hal-hal kecil diatas, akan memberikan efek yang jauh berbeda pada apartemen atau rumah mungil Anda.

No comments:

Post a Comment