Friday 10 May 2013

PENANGANAN TUMBUH GIGI PADA BAYI


Tidak ada waktu yang pasti, kapan proses tumbuhnya gigi pada bayi akan mulai atau bagaimana cara gigi susu akan muncul. Beberapa anak mulai tumbuh gigi sejak usia tiga bulan dan terus tumbuh sampai usia tiga tahun. Rata-rata sebelum empat sampai tujuh bulan gigi pertama bayi mulai muncul. Meskipun tidak selalu sama, tumbuhnya gigi bisa sangat menyakitkan bagi beberapa bayi. Pada beberapa anak, tumbuhnya gigi tiba-tiba muncul begitu saja tanpa diketahui prosesnya, sementara ada juga yang diawali dengan gusi sakit dan bengkak. Kadang-kadang pembengkakan hilang tetapi tidak tumbuh gigi sama sekali. Di sini, kita menyebutkan beberapa tanda/gejala tumbuhnya gigi pada bayi yang menunjukkan bahwa si kecil siap untuk gigitan pertamanya :

Ø Naluri untuk menggigit dan mengunyah: Sebuah gigi muncul mendorong di bawah gusi untuk keluar dan mungkin terasa gatal atau lucu untuk bayi yang menggunakan naluri mengunyah. Dengan mengunyah dan menggigit sesuatu juga menciptakan tekanan pada daerah gusi. Dengan demikian, anak-anak sering mengunyah dan menggigit pada apa pun yang mereka dapat meletakkan tangan mereka termasuk payudara ibu saat menyusui dan yang benar-benar menyakitkan.
Ø Gusi bengkak: Dengan munculnya gigi baru mendorong gusi dari bawah secara terus menerus, membuat gusi tampak merah, bengkak dan memar sebelum benar-benar muncul. Begitu gigi muncul, gusi akan kembali normal.
Ø Peningkatan iritasi dan kerewelan bayi, terutama di malam hari: Ketidaknyamanan maksimum yang terkait dengan tumbuh gigi terjadi karena gigi bergerak melalui tulang dan gusi yang terjadi secara bertahap dan lebih aktif pada malam hari, membuat bayi lebih mudah marah dan rewel daripada siang hari.
Ø Bayi menarik-narik telinganya: Sama seperti infeksi telinga, kadang-kadang sakit di rahang saat tumbuh gigi akan ditransfer ke saluran telinga dan bayi mulai menarik / nya telinga dalam upaya untuk menyingkirkan rasa tidak nyaman tersebut.
Ø Keluarnya air liur adalah normal pada bayi tetapi jika bayi tiba-tiba mulai mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya, mungkin menjadi tanda pertama tumbuh gigi. Namun, Anda bisa skeptis tentang ini karena semua bayi baru lahir tidak mungkin air liur mulai tumbuh gigi.
Ø Perubahan Kebiasaan makan : pada tumbuh gigi, beberapa bayi lebih menyukai untuk menyusu atau minum dari botot diakibatkan gusi yang bengkak dan meradang dan sendok menyakiti bagi mereka. Kasus lainnya bayi mulai menyusui dengan bersemangat namun menarik kembali dan menangis ketika mengisap dapat menyebabkan tekanan pada gusi mereka dan kanal telinga yang mengganggu atau menyebabkan rasa sakit kepada mereka. Ada juga bayi yang jadi menyukai makan makanan padat (kadang-kadang lebih dari biasanya) karena mengunyah makanan menciptakan tekanan balik yang terasa baik dan membantu meringankan rasa sakit pada gusi.

Bayi Dengan Sakit Gusi
Masalah yang paling umum saat tumbuh gigi yang menyebabkan iritasi dan rasa sakit pada bayi adalah pembengkakan gusi dan gatal di dalamnya, seperti gigi mendorong gusi dari bawah, menyebabkan mereka untuk tonjolan. Terkadang, rasa sakit di rahang menjadi begitu parah bahwa itu akan bergeser ke saluran telinga juga. Bayi menangis dan meratap dan dihibur dan orang tua tak berdaya berada pada kerugian tentang apa yang harus dilakukan untuk menenangkan kesayangan kecil mereka.

Rongga Control Balita
Dalam masyarakat modern, terutama di Amerika, pembusukan gigi insiden telah meninggalkan bahkan pilek dan influenza belakang sebagai penyakit menular yang paling pada anak-anak. Sebagian besar siswa TK menderita kondisi menular gigi bayi dan alasan yang paling umum di balik adalah kurangnya informasi atau gaya pengasuhan lalai.

Gelas
Sama seperti botol dan dot, gelas sippy dapat merusak gigi anak-anak juga. Konstan toting oleh balita dapat membuat mereka menyebabkan kerusakan gigi. Namun, cangkir sippy dapat terbukti cukup membantu sebagai alat transisi ke botol dari gelas untuk anak-anak muda dan juga mengurangi jumlah anak-anak membuat kekacauan yang sambil minum dari botol karena mereka datang dengan katup dilepas yang mengatur laju aliran cairan.

No comments:

Post a Comment