Friday 10 May 2013

MEMAHAMI KEBUTUHAN GIZI ANAK


Anak-anak jaman sekarang kurang memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi apakah jenis makanan tersebut tergolong makanan yang sehat yakni mengandung cukup nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh serta bersih atau tidak Melihat kondisi demikian, maka menjadi perlu bagi orang tua untuk memperhatikan kebutuhan serta kecukupan gizi anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memiliki pengetahuan yang lengkap tentang kebutuhan gizi anak, karena ketidaktahuan pada diri orang tua dapat membahayakan kesehatan sang anak.

Sebagai bahan panduan, berikut disajikan jenis makanan yang  harus ada dalam menu anak-anak dilengkapi rincian kebutuhan gizi secara umum pada usia anak :
  • Sarapan idealnya disediakan dalam porsi yang cukup, di dalam menu sarapan harus mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya. Sebagai variasi Anda bisa menghidangkan sereal gandum dingin atau havermut instan dengan taburan kismis, dan menu ini hanya cocok sebagai menu sarapan.
  • Menu makan sehari-hari yang Anda sajikan, harus terdiri dari sekitar dua porsi makanan dengan kandungan protein tinggi. Persyaratan nutrisi seorang anak usia empat sampai enam tahun adalah sekitar 24 gram protein per hari dan 28 gram protein yang diperlukan oleh anak usia tujuh sampai sepuluh tahun.
  • Sajikan 3- 4 porsi makanan yang kaya kalsium pada menu harian anak Anda. Anak-anak pada kelompok usia empat sampai delapan tahun membutuhkan 800 mg kalsium. Sedangkan anak-anak usia sembilan hingga -tiga belas tahun membutuhkan kalsium sejumlah 1.300 mg.
  • Sinar matahari bertindak sebagai sumber vitamin D, sehingga dorong anak-anak Anda untuk pergi bermain keluar rumah sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup. Anak-anak memerlukan 5mcg vitamin D per hari.
  • Untuk memenuhi asupan zat besi, Anda dapat menyediakan anak Anda menu dengan bahan daging tanpa lemak, daging unggas (ayam), ikan, kacang kering dan biji-bijian. Anak-anak memerlukan sejumlah 10 mg zat besi setiap hari
  • Vitamin A membantu dalam meningkatkan penglihatan anak. Sayuran hijau merupakan bahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi (sumber vitamin A yang sangat baik) Anak-anak dalam kelompok usia 4-6 tahun, memerlukan 500 mcg vitamin A, sedangkan anak-anak dalam kelompok usia tujuh sampai sepuluh tahun, memerlukan vitamin A 700 mcg dalam menu makanan yang disajikan per hari.
  • Anak-anak memerlukan sejumlah 45 mg vitamin C per hari. Sumber vitamin C di antaranya : blueberry, jeruk, kiwi, melon dan stroberi.
Satu hal lagi dalam kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi anak-anak yang perlu dicermati oleh orang tua adalah jajanan atau beragam makanan kecil yang banyak dikonsumsi anak-anak, terutama yang diperoleh dari luar rumah. Seperti banyak disorot dalam berbagai pemberitaan banyak beredarnya jajanan anak yang tidak sehat, di samping tidak mengandung nutrisi bagi tubuh sering kali mengandung bahan berbahaya seperti pemanis, pewarna ataupun bahan pengawet. Oleh karena itu sebagai orang tua kita perlu ekstra hati-hati memantau kudapan anak-anak, alangkah baiknya jika anak Anda dibiasakan membawa bekal dari rumah pada saat sekolah
Sebagai contoh berikut beberapa jenis hidangan yang dapat Anda berikan kepada anak sebagai sajian makanan ringan, di antaranya :
  • Aneka olahan berbahan kacang-kacangan
  • Buah-buahan segar ataupun buah kaleng, selain itu cara penyajiannya dapat Anda variasikan dengan menambahkan yougurt sebagai toppingnya.
  • Hot dog isi tofu
  • Popcorn
  • Yougurt
  • Aneka kue buatan sendiri

No comments:

Post a Comment