Saturday 11 May 2013

TIPS MENGATASI KELUHAN IBU HAMIL DENGAN TEKNIK YOGA


Kehamilan merupakan saat-saat yang paling membahagiakan dan di nanti bagi seorang wanita. Namun tidak bisa dipungkiri, pada saat kehamilan itu terjasi beberapa keluhan dan ganggua yan membuat kondisi ibu kurang nyaman. Saat hamil tak jarang muncul rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal. Hal inui merupakan hal yang sangat wajar, karena selama masa kehamilan tubuh seorang ibu mengalami perubahan yakni dengan berkembanganya janin di rahim ibu, yang secara otomatis didalam tubuh terjadi perubahan seperti menebalnya dinding rahim sebagai persiapan untuk menerima kehadiran janin, pertambahan jumlah air dalam tubuh, pertambahan berat badan dsb. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi demikian, salah satunya adalah mencoba melakukan relaksasi dengan cara melakukan pengaturan napas.

Langkah awal yang arus dilakukan yakni ambil posisi yang paling nyaman dengan mencoba untuk rileks dan sesantai mungkin. Bisa dalam posisi duduk atau berbaring sambil memejamkan mata. Relaksasikan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot kaki, pinggang, punggung, leher, dan wajah. Bernapaslah lewat hidung, tarik dan embuskan perlahan-lahan. Ulangi selama 10 sampai 20 menit atau sampai kita merasa nyaman. Sambil melakukannya, tekan perut ke arah luar. Hitunglah sampai empat. Biarkan otot pundak dan leher kita relaks. Lalu, keluarkan napas perlahan-lahan dan tenang.

Inilah bentuk latihan oleh tubuh yang sangat baik bagi ibu hamil. Yoga melatih otot-otot tubuh disertai oleh napas. Melalui gerak tubuh yang disertai teknik pengaturan napas dan pemusatan konsentrasi, fisik Anda akan lebih sehat, bugar dan kuat. Emosi Anda pun akan lebih seimbang. 

Di bawah ini, beberapa teknik yoga yang dapat dilakukan oleh para ibu hamil:

POSISI BERBARING
Tempatkan kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan disamping badan dengan telapak tangan terbuka. Tarik napas, angkat panggul dari lantai. Hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki.
Manfaat: Mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, serta relaksasi tubuh dan jiwa.

POSISI DUDUK BERSILA
Letakkan kedua tangan di sisi badan dengan siku lurus.Angkat kedua tangan dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai kedua jari-jari tangan bertemu. Turunkan tangan ke depan sambil menghembuskan napas.
Manfaat: Melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, serta menenangkan perasaan. Menimbulkan perasaan "membumi dan terpusat".

POSISI MERANGKAK DENGAN KEDUA SIKU TANGAN LURUS
Pandangan ke depan dan punggung rata. Tarik napas, lengkungkan punggung. Hembuskan napas sambil mengembalikan punggung ke posisi semula.
Manfaat: Melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut dan menghilangkan pegal-pegal tubuh.
Demikian beberapa posisi yoga yang dapat di terapkan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kebugaran serta relaksasi, sehingga dapat menjalani kehamilan dengan nyaman. Selamat berlatih !

No comments:

Post a Comment