Tuesday 7 May 2013

TIPS MELATIH KEPERCAYAAN DIRI


Ada  istilah mengatakan "jika anda tidak memiliki kepercayaan atas kemampuan Anda, bagaimana Anda mengharapkan orang lain untuk percaya pada Anda". Tidak ada seorangpun di dunia yang terlahir sempurna. Harus kita akui kenyataan bahwa setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing, namun demikian setiap orang juga memiliki nilai posotof, sebuah kualitas yang memungkinkan mereka untuk terus bergerak maju tanpa beban apapun. Anda mengetahui bahwakedua-duanya ada dalam diri ANda yakni sisi posotof dsn sisi negative, bergeraklan dan tunjukan  bahwa diri  Anda merupakan individu yang mampu dan berkualitas. Bangunlah kepercayaan diri Anda, memanfaatkan untuk meraih kesuksesan Anda !

BEBERAPA CARA MELATIH KEPERCAYAAN DIRI :

Berpikir  Positif
Salah satu kendala utama yang membatasi kita dalam menanamkan kepercayaan dalam diri kita adalah ketakutan akan sesuatu yang belum pasti, apakah suatu hal mungkin atau tidak mungkin terjadi di masa depan. Kadang-kadang ketidakpastian ini membuat kita fokus pada hasil negatif. Dan cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan membayangkan diri kita secara konsisten pada hasil yang positif. Cobalah untuk menggambar hasil terbaik dari apa yang selalu Anda impikan. Buat situasi dalam pikiran Anda bahwa Anda merasa takut dan menjalankan proses untuk mendukung Anda mengatasi kondisi buruk tersebut. Dengan cara demikian, ketika Anda benar-benar berada dalam situasi tersebut 9kurang menyenangkan), Anda akan merasa diri Anda sudah terbiasa dengan kondisis tersebut dan akan merasa lebih percaya diri tentang hal itu. Hal ini tentu saja memerlukan beberapa latihan dan penerapan dalam diri Anda dan menanamkan ke dalam kerangka pikiran Anda, sehingga menjadi sebuah fondasi keyakinan diri  Anda.

Jurnal Keberhasilan
Jika kita selalu memikirkan tentang semua kesalahan yang mungkin telah dilakukan sementara mengabaikan prestasi yang berhasil kita raih adalah cara termudah dalam kehilangan selera untuk sukses. Jangan lakukan hal tersebut! Tapi jika Anda harus mengingat dan memikirkan  hal tersebut, berpikirlah tentang semua hal serta kesuksesan yang Anda telah capai dalam bertahun-tahun. Membuat catatan kecil dan menuliskan setiap sukses kecil ataupun besar yang Anda sudah raih, belangsung dari hari-hari sekolah Anda sampai sekarang. Lakukan ini untuk mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan baik dan bahwa Anda adalah individu yang produktif dan kompeten. Memulai hari dengan membuka catatan positif dengan cepat melalui jurnal setiap pagi dan membacanya dengan cermat setiap kali Anda merasa perlu untuk meningkatkan diri.

Melakukan Meditasi
Melakukan meditasi dan mengikuti sebagai rutinitas harian akan membebaskan Anda dari semua rasa gugup serta stres dan akan menggantinya dengan energi positif. Hal tersebut akan membantu Anda menggeser fokus Anda pada hal-hal yang lebih baik. Dengan mengambil waktu 10-20 menit setiap hari untuk berlatih yoga atau untuk memanjakan dalam meditasi atau untuk berdoa. Sementara bermeditasi, merasakan kesembuhan mengalir melalui indra Anda. Duduk tenang untuk beberapa waktu dengan musik ringan atau bermain berperan dalam latar belakang adalah cara lain untuk berhubungan dengan diri Anda sendiri.

Afirmasi /Peguatan Dalam  Berpikir Positif
Afirmasi/penguatan  berpikir positif akan membantu Anda menghilangkan apa pun yang negatif yang tersisa di dalam. Afirmasi positif adalah pernyataan pendek yang dirancang atau ditulis oleh Anda, ungkapan yang akan membuat Anda dalam keadaan yang sama seperti dengan apa yang  anda pikiran yang diwakili oleh penguatan (dalam bentuk catatan). Terlebih lagi, afirmasi dapat memenuhi setiap kategori yang ada dan tergantung pada situasi apa yang terjadi pada diri Anda, Anda dapat mengambil dan membaca penegasan itu sampai Anda membuat diri Anda percaya hal yang sama. Misalnya - jika Anda harus melakukan sebuah presentasi  dan pada saat itu  merasa gugup, dengan mengatakan (afirmasi) "Saya seorang individu yang mampu dan kompeten" cara ini akan membantu Anda menghadapi situasi seperti apa yang Anda yakini /katakan . Ini tidak akan terjadi pada tingkat pertama, tetapi melalui mengingat afirmasi dan menggunakan mereka dalam waktu dibutuhkan akan membuat Anda menggunakanmetode ini dengan baik.

Laughter Yoga
Bagaimana tertawa untuk melakukan perubahan? Ya, tertawa bebas penuh semangat dan sepenuh hati adalah cara terbaik untuk melepaskan semua energi, merasa kosong dan kemudian mengisi kekosongan dengan apa pun yang baik yang dapat Anda pikirkan. Dan di sini kami menyarankan Anda mengambil bagian dalam aktivitas yang menyenangkan meditasi disebut Laughter Yoga. Laughter Yoga (Yoga tertawa) adalah salah satu cara menyenangkan yang menggabungkan seni pernapasan yoga dengan tawa pada sisi lain.

Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan
Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Anda akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jangan hanya membatasi diri pengetahuan tentang apa yang Anda lakukan,  belajar sebanyak mungkin tentang hal-hal yang menarik minat Anda dan ataupun hal-hal yang tidak menarik bagi Anda. Jangan menutup mata dan telinga dengan kejadian baru-baru ini. Melakukan sebanyak mungkin mengenai berbagai hak akan memberikan rasa percaya diri pada Anda, dorongan yang sangat dibutuhkan ketika Anda akan merasa nyaman dalam berbicara hampir tentang apa pun dengan orang-orang di sekitar Anda.


No comments:

Post a Comment